Gunakan Minyak Kelapa, Ayam dan Bebek Goreng Kremes di Teman Kencan Lebih Gurih dan Sehat


Hidangan ayam dan bebek goreng kremes di Resto Teman Kencan Gombong.(ft SK/ist)

GOMBONG, (seputarkebumen.com)- Menu ayam dan bebek goreng tentu saja masuk dalam lauk favorit untuk menemani nasi putih hangat saat waktu makan siang tiba. Ada banyak penjual ayam dan bebek goreng, mulai dari cafe dan resto hingga warung tenda yang berada di pinggir jalan. 

Di Gombong, ada tempat makan baru namanya sedikit unik Teman Kencan. Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso Barat no.51 Gombong.

Disini menyediakan menu ayam dan bebek goreng khas yang dimasak bersama kremesan. Tentu saja menambah cita rasa daging ayam dan bebek menjadi makin gurih.

Baik olahan ayam dan bebek digoreng bersama kremesan beraroma gurih manis ini ditambahkan taburan kremesan ke wajan saat menggoreng daging ayam dan bebek. 

"Ini resep jawa warisan dari orang tua. Jadi di goreng dengan minyak kelapa dan ditaburi parutan kelapa dibikin kremes. Rasanya tentu saja manis gurih. Jadi ini menu favorit di sini mas " ujar pemilik Resto Teman Kencan, Ponco Purnomo kepada wartawan.

Cara mengolahnya mudah, sebelum digoreng, ayam dan bebek diberi bumbu aneka rempah lengkap, lalu diungkep. Karena di goreng dengan minyak kelapa dan taburan kremesan cita rasa minyak dari kelapa ini menambah gurih masakan.

"Parutan kelapa digoreng dengan minyak kelapa juga lebih sehat dibandingkan minyak goreng biasa. Jadi saat ayam dan bebek dimasukan ke minyak kelapa panas bau harumnya sangat terasa dengan kremesnya gurih harum jadi bisa dinikmati tanpa takut kolesterol," ujar Ponco tersenyum. 

Ayam dan bebek goreng kremes disajikan di atas piring rotan dan cobek kecil berisi aneka sambal dan lalapan. Saat menikmati, kita mencocol nasi putih hangat ke sambal. Dengan sambal dan ayam kremes masuk mulut rasa gurih manis pedas menjadi satu. 

"Enak gurih, manis dan pedas sesuai sambal yang kita minta mas. Dengan nasi hangat masuk ke mulut rasanya pas buat orang Kebumen, enak pokoke," ucap Ainun salah seorang pengunjung Resto Teman Kencan, Kamis (6/7/2023).

Selain menu ayam, di Resto Teman Kencan ini juga menyediakan aneka olahan menu bebek yang disajikan goreng dan bakar. Terong bakar juga tersedia disini. Minuman juga lengkap, mulai dari kopi hingga wedang rempah, wedang uwuh dan aneka jus. Menu makanan mulai harga Rp 10 ribu.

Tak kalah asyik, bagi pengunjung yang makan, juga tersedia ruang karaoke yang nyaman dan lebar. Warung makan Teman Kencan disebut sangat cocok untuk nongkrong, makan bersama dan bisa digunakan untuk kegiatan rapat kedinasan. (*)