Novanda Nisa Ayu, Putri Kabupaten Kebumen ini Masuk 15 Besar Pemilihan POI


Ajang Putri Otonomi Indonesia (POI).(ft ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Novanda Nisa Ayu Wibowo (19) perempuan asal Kebumen ini telah masuk 15 besar dalam ajang pemilihan Putri Otonomi Indonesia (POI). Ini merupakan event yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia APKASI setiap tahunnya.

Pelaksanaan Putri Otonomi Daerah selalu digelar di Jakarta bebarengan dengan APKASI EXPO, dan mulai tahun 2022 pelaksanaan Putri Otonomi Indonesia digelar di Kabupaten yang telah ditunjuk oleh APKASI, untuk 2022 dilaksanakan di Kabupaten Bogor. 

"Di tahun 2023 ini merupakan gelaran ke dua Pemilihan Putri Otonomi Indonesia dan Kabupaten Kebumen terpilih untuk menjadi tuan rumah gelaran event nasional ini," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Sri Kuntarti dalam keterangan resminya, Minggu 11 Juni 2023.

Ia menuturkan, POI adalah sebagai momentum untuk menggelorakan semangat otonomi daerah secara berkesinambungan dengan tujuan sarana untuk mengembangkan potensi daerah serta meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar daerah serta untuk memiih putri terbaik sebagi role model dan penggerak otonomi daerah.

"Alhamdulillah yang patut kita syukuri putri dari Kebumen Novanda Nisa Ayu masuk 15 besar finalis POI. Pada tahun lalu putri dari Kebumen bernama Faradissa Djasmine Anderson berhasil jadi juara 2, atau runner up, kita berharap tahun ini bisa jadi juara 1," ujar Sri.

Sri menuturkan, tahapan Seleksi yang pertama adalah seleksi adminisrasi di lanjutkan perkenalan dan Technical Meeting yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2023 secara zoom meeting. Tahap selanjutnya audisi seleksi menuju 15 besar POI 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 7 – 9 Juni 2023 di Ballroom APKASI Gedung Sahid Sudirman Center Lt 21 Jln. Jend Sudirman Kav 86 Jakarta.

"Audisi ini diikuti oleh 37 finalis dari Kabupaten di Indonesia. Dengan Materi Penilaian Tahap 1 Public speaking, wawasan dan kepercayan diri, Tahap 2 Pos Interview wawasan Otonomi Daerah, Potensi daerah, Bahasa, Bakat/Talent, Inovasi dan Kreativitas," terangnya.

Kebumen sendiri mengajukan dua putri untuk ikut dalam pemilihan POI ini, Selain Novanda ada juga Churun Elena Silvia (20). Namun langkah dia terhenti saat masuk 15 besar. Baik Novanda dan Silvia merupakan putri terbaik yang terpilih mewakili Kabupaten Kebumen.

Novanda Nisa Ayu Wibowo merupakan perempuan asal Desa Pekuncen, Kecamatan Sempor. Ia merupakan sarjana Ilmu Komunikasi lulusan Universitas Muhammadiyah Magelang. 

Novanda pernah menjadi Puteri Remaja Jawa Tengah 2020, Puteri Remaja Indonesia Intelegensia 2020, Pesona Batik Nusantara 2020, Puteri Pesona Nusantara Jawa Tengah 2022, Puteri Pesona Nusantara 2022, dan Mbak Kebumen 2022.

Dan sekarang masuk 15 besar pemilihan POI 2023. Selanjutnya, ia akan mengikuti karantina pada tanggal 20 – 22 Juni 2023 dan Grand Final pada tanggal 23 Juni 2023 di Hotel Trio Azana Style, Kebumen.(*)