Idul Adha 1444 H Bupati Arif Sugiyanto Kurban 12 Ekor Sapi


Bupati Kebumen saat menyembelih sapi kurban.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Pada Hari Raya Idul Adha 1444 H atau tahun 2023 ini, Bupati Arif Sugiyanto melaksanakan ibadah kurban dengan 12 ekor sapi. Semua sapi berjenis Peranakan Ongole(PO) itu dibeli dari peternak lokal Kebumen.

Hal itu disampaikan Bupati saat meninjau sapi kurbannya di Pendopo Kabumian, pada Kamis (29/6). Bupati bahkan menyembelih langsung hewan kurbannya di kompleks Pendopo Kabumian. 

Sapi tersebut didistribusikan ke berbagai titik, seperti pondok pesantren, masjid, dan untuk masyarakat luas, termasuk salah satunya ada yang disembelih  di Pendopo Kebumian untuk dibagikan warga sekitar.

"Alhamdulillah puji syukur tahun ini kita masih diberi kesempatan untuk berkurban, menjalankan perintah agama. Ada 12 ekor sapi yang dikurbankan untuk masyarakat Kebumen," ujarnya. 

Bupati memastikan sapi yang dibeli dalam kondisi sehat, bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK), atau penyakit LSD lato-lato.  "Sapi yang kita beli dipastikan dalam kondisi sehat, bebas dari penyakit PMK dan lato-lato," ucap Bupati.

Dengan adanya wabah LSD yang terbaru, ia pun mengimbau kepada masyarakat agar mengutamakan ketelitian, dengan diperiksa lebih dahulu, jangan sampai sapi yang dibeli ternyata dalam kondisi sakit atau terkena virus. Meskipun LSD aman dikonsumsi.

"Karena untuk berkurban ini kita harus cari yang sehat, tidak boleh kurban hewan yang lagi sakit, maka butuh ketelitian," ucapnya.

Selain itu, Bupati mengatakan penyembelihan hewan kurban yang baik adalah dengan pisau, atau alat yang digunakan jangan sampai ditukar dengan milik orang lain. Bisa juga disembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), baik yang ada di Gombong atau Kebumen.

Berkurban adalah ibadah rutin yang ditunaikan Bupati setiap tahun pada Hari Raya Idul Adha. Untuk lebaran tahun ini, Bupati melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Saka Tunggal, Desa Pakuncen, Kecamatan Sempor.(*)