256 Jamaah Haji Kebumen Kloter Pertama Resmi Diberangkatkan


keberangkatan pertama kloter 28 Calon Jemaah Haji Kabupaten Kebumen tahun 1444 H.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto secara resmi melepas keberangkatan kloter pertama Calon Jemaah Haji Kabupaten Kebumen tahun 1444 H yakni kloter 28, Kamis (01/06/23) tepat pukul 11.00 WIB. Suasana haru diiringi lantunan talbiyah di halaman Aula Setda Kebumen mengiringi keberangkatan enam bus yang mengangkut 256 Calon Jemaah Haji menuju Embarkasi Donohudan Solo.

Masuk dalam rombongan iring – iringan kloter 28, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Sukarno yang akan terus mendampingi kloter 28 mulai dari Aula Setda sampai ke embarkasi Donohudan untuk selanjutnya diserahkan ke Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi SOC.

Selama di Embarkasi, Kakankemenag bersama Kasi PHU Hj. Suwaibatul Aslamiyah akan terus mendampingi seluruh kloter dari Kabupaten Kebumen hingga semuanya diterbangkan ke tanah suci.

Kepada humas Kemenag, sesaat sebelum berangkat H. Sukarno mengatakan akan terus berkoordinasi dengan PPIH Embarkasi dan memberikan laporan secara berkala perkembangan Jemaah Haji Kebumen Kepada Bupati, memastikan seluruh jemaah haji Kebumen berangkat semuanya ke tanah suci.

Sebelum diberangkatkan , para Calon Jemaah Haji berkesempatan ramah tamah dengan Bupati dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Sukarno serta beberapa anggota forkompimda lainnya di dalam gedung Aula Setda. Turut hadir memimpin doa pelepasan, Ketua MUI Kebumen K.H. Nursodik.

Dalam sambutannya Bupati berpesan kepada para Jemaah Haji Kebumen agar bisa menjaga kesehatan dan menjaga kekompakan antar Jemaah selama menjalankan ibadah haji. Hal ini disampaikan Bupati mengingat pada penyelenggaran haji tahun 1444 H / 2023 M ini jemaahnya banyak yang berusia lanjut dan tidak ada pendampingan.

“Saya berharap dan mendoakan semoga jemaah haji dari Kabupaten Kebumen bisa kompak, saling mengingatkan dan saling menjaga. Menjaga kesehatan dengan baik agar bisa menjalankan ibadah haji dengan nyaman, selamat dan pulang kembali lagi ke Kebumen menjadi haji yang mabrur,” ucap Bupati.

Bupati juga berharap kepada para Jemaah turut mendokan Kabupaten Kebumen semoga semakin Semarak, sejahtera, mandiri, berakhlak bersama rakyat.

Sebagai informasi, pada penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun ini, Kabupaten Kebumen memberangkatkan 1.290 (seribu dua ratus sembilan puluh) jamaah dan terbagi menjadi 4 ( empat) kloter yakni kloter 28, 29, 30 dan 31 dengan rincian sebagai berikut :

Kloter 28  : sejumlah 232  jamaah, ( 1 PHD Kab Kebumen) dan 24 = 256 jamaah

Kloter 29: sejumlah 355 jamaah ( 3 PHD Kab Kebumen)

Kloter 30 : sejumlah 354 jamaah ( 1 PHD Kab Kebumen 2 PHD Prov Jateng)

Kloter 31: sejumlah 325  jamaah  ( 3 PHD Kab Kebumen)

Jamaah Calon Haji tertua umur 101 (seratus satu) tahun an.Mad Supyan Desa Rowokele Kecamatan Rowokele Kloter 28. Sedang Jamaah Haji termuda an. Naylah Aulia umur 19 (sembilan belas) tahun, Desa Mrentul Kecamatan Bonorowo tergabung dalam Kloter  29 SOC.((*)