Kebumen Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaran Catur Tingkat Provinsi



Salah satu event catur di Kebumen.(ft SK/ist) 
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Kabupaten Kebumen siap menjadi tuan rumah Kejurprov catur tingkat Jawa Tengah. Kejuraan bergengsi tersebut bakal berlangsung selama lima hari, pada 2-6 Juli 2023 mendatang.

Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kebumen Saiful Hadi mengaku bersedia dan siap menyelenggarakan kompetisi tingkat provinsi tersebut. Pihaknya kini juga mulai menyicil menginventarisasi segala kebutuhan dan keperluan kegiatan.

"Secara prinsip kami siap. Rapat koordinasi terus kami lakukan untuk menyambut atlet dari berbagai daerah," tutur Saiful, yang juga anggota DPRD Provinsi jawa Tengah itu, Minggu (28/5).

Saiful menyambut baik, Kabupaten Kebumen bisa dipercaya sebagai tuan rumah Kejurprov cabor catur. Ajang olahraga ini merupakan hajat besar guna menggali potensi atlet catur dari seluruh penjuru di Jawa Tengah. Dia berharap, lewat ajang ini menjadi wadah untuk mengasah kemampuan para atlet catur.

"Sedang kami persiapkan segala sesuatunya. Mulai kepanitiaan, anggaran, tempat, wasit dan sebagainya," jelas Saiful.

"Indikator paling jelas adalah, bagaimana atlet kita naik peringkat dalam perolehan medali. Apakah mungkin?sangat mungkin. Terbukti orang Kebumen sudah ada yang pernah sampai Kejurnas. Bahkan ada yang ikut lomba catur sampai Yunani," terangnya.

Dia menyampaikan pentingnya segenap segenap elemen, termasuk pegiat catur untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Selain itu, berlangsungnya Kejurprov ini juga bisa dimanfaatkan untuk promosi daerah. Efek paling nyata berikutnya adalah pergerakan ekonomi karena banyak datang tami dari berbagai daerah.

"Hajat ini harus kita sengkuyung bersama. Multiplier effect bisa dirasakan. Setelah pertandingan, delegasi luar daerah bisa mencicipi kuliner khas Kebumen. Menikmati keindahan alam Kebumen. Semua kembali ke Kebumen," ucapnya.(*)