Kado Ramadhan, PCA Pejagoan Bagi 300 Sembako untuk Warga Membutuhkan


 Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pejagoan, dan LazisMu Pejagoan saat membagikan paket sembako kepada warga.(ft SK/ist)
PEJAGOAN, (seputarkebumen.com)- Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kecamatan Pejagoan mengadakan bakti sosial dengan membagikan 300 sembako untuk warga yang membutuhkan.

Kegiatan berlangsung di Kediaman salah satu Pengurus Ranting Aisyiyah (PRA) Desa Kedawung, Sabtu 15 April 2023, dan turut dihadiri Camat Pejagoan Kinanto, segenap pengurus PCA Pejagoan, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pejagoan, dan LazisMu Pejagoan.

Ketua PCA Pejagoan Dewi Indriyati, mengatakan, kegiatan Kado Ramadhan ini khusus diberikan kepada warga masyarakat yang membutuhkan, bukan hanya warga Muhammadiyah tapi juga masyarakat umum. Hal ini juga sekaligus dalam rangka Milad Aisyiyah ke-109.

"Secara umum, selain sembako, kita juga memberikan bingkisan kepada kader Muhammadiyah/Aisyiyah yang selama ini aktif dalam kegiatan amal usaha Muhammadiyah, seperti para guru TPQ, TK/Paud atau pun guru SD Muhammadiyah dan juga ustadz/ustadzah," terangnya.

Dewi menuturkan bahwa kegiatan semacam ini rutin diadakan tiap tahun pada bulan suci Ramadhan. Bahkan PCA Pejagoan juga turut aktif dalam kegiatan sosial lain, misalnya dalam membantu penanganan bencana. 

"Biasanya kalau ada bencana, tanpa diminta kita langsung bergerak ikut memberikan bantuan," ucapnya. 

Ia bersyukur kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik berkat dukungan seluruh warga/kader Muhammadiyah melalui lembaga amil zakat LazisMU Pejagoan, yang senantiasa menghimpun dana umat untuk kegiatan kemanusiaan.

"Dengan kegiatan ini harapannya bisa sedikit membantu kepada warga masyarakat yang ekonominya kurang, dan bisa memberikan penghargaan kepada kader-kader yang telah lama berproses di Aisyiyah," ucapnya.

Sementara itu, Ketua LazisMu Pejagoan Rifki Rostanti menambahkan lembaga LazisMU bukan hanya rutin memberikan samboko, tapi juga rutin memberikan santunan dan bantuan kepada kaum dhuafa dan yatim/piatu. 

Di bulan Ramadhan ini LazisMu Pejagoan bahkan mengajak anak-anak yatim/piatu untuk untuk membeli baju lebaran dan sembako di Toserba. Rifki menyebut penyaluran dana LazisMu selalu dilaporkan kepada Muzaki sebagai bentuk pertanggungjawaban.

"Alhamdulillah pada tahun 2022 perolehan Lazismu Pejagoan dari dana zakat, infaq dan sedekah yang masuk total sebesar 

Rp 203.867.000. Ada kenaikan setiap tahunnya. Buku laporan pertanggungjawabannya kita berikan setiap tahunnya kepada para Muzaki sebagai bentuk transparansi," ucapnya.

Waris selaku warga Desa Legok Pejagoan menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada PCA Pejagoan, LazisMu dan segenap pengurus Muhammadiyah yang terus memberikan kepedulian terhadap masyarakat tanpa memandang latar belakangnya. 

"Saya sendiri buka warga Muhammadiyah, tapi kerap mendapat bantuan dari lembaga amal Muhammadiyah. Ini menandakan Muhammadiyah tidak memandang latar belakang seseorang, tapi murni karena kemanusiaan dan keadilan. Salut dan maju terus buat Muhammadiyah," tandasnya.(*)