Bupati Kaji Kemungkinan Ketua RT/RW di Kebumen Dapat Tunjangan tiap Bulan


Bupati Arif Sugiyanto memberikan hadiah sepeda saat tarling di kelurahan Bumirejo.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyatakan, pihaknya akan mengkaji kembali kemungkinan Ketua RT dan RW untuk mendapat tunjangan tiap bulannya. Mengingat jabatan Ketua RT/RW juga berperan penting dalam sistem pemerintahan desa.

"Ini masih kita kaji, apakah memungkinkan bila Ketua RT/RW mendapat tunjangan tiap bulannya, karena bagaimana pun Ketua RT/RW juga memiliki tugas dari pemerintah desa untuk ikut mengurusi warganya," ujar Bupati usai melaksanakan shalat tarawih bersama warga di Masjid Baitul Muttaqien, Kemitir, Keluharan Bumirejo, Kebumen, Kamis (23/3).

Bupati menyebut sering kali urusan pendataan warga yang diperlukan pemerintah pasti membutuhkan kepanjangan tangan dari pengurus RT/RW. Merekalah yang paling memahami kondisi warga di wilayahnya, sehingga pemerintah punya laporan data yang valid.

"Ketika pemerintah mau memberikan bantuan, tidak mungkin Bupati ngetuk pintu rumah warga satu-satu, Camat juga tidak mungkin datangi warga satu-satu, Kepala desa juga tidak mungkin. Pastinya ada Ketua RT/RW di situ yang tahu kondisi warganya, dan siap membantu menjalankan program pemerintah", ucap Bupati.

Bupati sendiri mendukung jika tunjangan untuk Ketua RT/RW bisa diakomodir. Namun harus melihat atau disesuaikan dengan anggaran yang ada. "Bagaimanapun ini harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran kita. Karena semua sudah ada porsi pembagiannya masing-masing," terangnya.

Pemerintah sendiri kata Bupati, juga telah memberikan dana intensif kepada para guru ngaji TPQ yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing melalui Bank Jateng. "Bagi yang belum dapat bisa mengajukan ke Kabag Kesra, biar nanti bisa ditransfer ke rekening penerima," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga turut menyampaikan sejumlah program kerja yang telah dicapai pada dua tahun masa kepemimpinannya. Seperti pembangunan Shrimp Estate, RMU Kutowinangun, Kebumen International Expo, penataan jalur satu arah, serta pembangunan jalan dan jembatan.

Tak lupa pada setiap tarawih bersama, Bupati turut membagikan sembako kepada warga miskin. Bahkan di Kemitir, Bumirejo, Bupati memberikan hadiah satu tiket umrah bagi Takmir masjid, dan memberikan sepeda kepada warganya yang berhasil menjawab pertanyaan atau kuis dari Bupati.(*)