Pakai Aplikasi Mobile Jkn, Praktis dan Sederhana


Dian Fajarwati mahasiswa Unsoed Purwokerto.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Kemudahan aksesibilitas layanan dan informasi seputar program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kian dirasakan mudah sejak hadirnya Aplikasi Mobile JKN. Hal ini diutarakan Dian Fajarwati (23), mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Sudirman yang berdomisili di Kebumen.


“Dengan hadirnya Aplikasi Mobile JKN, masyarakat dapat dengan mudah mengetahui informasi Program JKN dan bahkan bisa melakukan pendaftaran bagi peserta baru melalui aplikasi ini tanpa perlu mendatangi Kantor BPJS Kesehatan. Tentunya masih banyak segudang fitur yang ditawarkan dalam aplikasi pintar ini,” kata Dian


Misalnya saja fitur perubahan data peserta yang mengakomodir perubahan alamat, perubahan nomor handphone dan perubahan fasilitas kesehatan. Selanjutnya ada fitur informasi iuran, informasi riwayat pembayaran dan pelayanan kesehatan.


“Masyarakat juga bisa mengakses layanan kesehatan seperti pendaftaran antrean pelayanan secara online, hingga melakukan konsultasi dengan dokter secara online jika membutuhkan. Kemudian Kartu Digital juga bisa diakses dari Aplikasi Mobile JKN. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir jika sakit dan lupa membawa kartu JKN tetap bisa dilayani di fasilitas kesehatan,” ujarnya.


Dian mengakui Aplikasi Mobile JKN telah didesain sedemikian lengkapnya untuk memenuhi kepuasan peserta. Ia juga mengapresiasi aplikasi ini mudah digunakan, apalagi bagi kaum milenial seperti dirinya. Menurutnya, aplikasi ini sangat bagus dan layak untuk dimiliki. Bagi yang belum memanfaatkannya, ia menyarankan agar masyarakat segara mengunduhnya. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengakses di playstore bagi pengguna android ataupun di appstore bagi pengguna iphone. Selanjutnya tinggal melakukan registrasi untuk bisa memanfaatkannya.


“Saya sendiri cukup sering memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN karena praktis dan sederhana. Di era digital seperti sekarang ini akses layanan secara online memang sangat dibutuhkan karena tidak semua masyarakat memiliki waktu luang untuk berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan,” ungkap Dian.


Dian berharap, kedepannya BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN bisa terus meningkatkan inovasinya dalam memenuhi tuntutan kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat. Ia juga berharap masyarakat semakin sadar pentingnya Program JKN termasuk peduli untuk meng-update informasi terkini program ini, salah satunya dengan mengaksesnya melalui Aplikasi Mobile JKN.(*)