Dukung Program Nasional, Kabupaten Kebumen Siap Lakukan Digitalisasi KTP Elektronik


Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)  Anna Ratnawati,S.KM, M.Si  bersama anggota PWI Kebumen.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Guna mendukung program nasional, tentang digitalnya identitas kependudukan, Disdukcapil Kebumen telah mulai melaksanakan aktifasi penggunaan android sebagai KTP digital. Saat ini sudah ada 6128 masyarakat Kebumen yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kebumen Anna Ratnawati,S.KM, M.Si saat melakukan jumpa pers di ruangannya Jum'at, 23 Desember 2022. Dimana, ditargetkan 500 ribu penduduk Kebumen sudah memiliki KTP Digital pada akhir tahun 2023 mendatang. 

Anna menjelaskan KTP digital ini adalah program nasional, yang aktifasinya menggunakan perangkat Android. Sehingga, Disdukcapil Kebumen sudah mau melaksanakan program tersebut, untuk pengaktifasian KTP digital bagi masyarakat Kebumen. 

Masyarakat yang akan melakukan aktivasi tersebut, cukup untuk mendownload aplikasi Identitas Kependudukan Digital di play store maupun apstore. Kemudian, untuk pengaktifasian bisa dibantu oleh petugas di Disdukcapil Kebumen. 

" Sampai dengan kemarin hari Kamis 22 Desember, kita telah mengaktivasi sebanyak 6128 orang sekabupaten Kebumen, target kita tahun 2023, target nasional bahwa kita paling tidak harus mengaktifasikan sebanyak secara hitungan 50  persen dari yang wajib KTP, maka disini kita hampir 500 ribu orang yang harus dikatifasikan. Jadi ini sudah dimulai kita awali pada saatnya nanti kita berharap target nasional  sudah akan kita laksanakan dan akan tercapai pada akhir tahun 2023," ujarnya. 

Menurutnya, KTP digital ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam penggunaan data pribadinya. Karena, semua data kependudukan bisa diakses di dalam genggaman, dan juga sudah terintegrasi dengan berbagai kementerian hingga data di KPU.

" Ktp digital adalah  kemudahan masyarakat untuk menggunakan data pribadinya dengan mudah semua dapat diakses di genggaman. Kita bekerjasama dengan beberapa departemen yang terkait, ada sekitar 7 yang sudah terintegrasi dengan kita kaitannya dengan penggunaan NIK nomor induk kependudukan, ini dapat dilihat dari KTP digital yang sudah diaktifasi, kita bekerjasama dengan kementerian kesehatan  kita terintegrasi maka disitu ada peduli lindungi,  kita bekerja sama dengan kementerian keuangan maka disitu ada data kaitannya dengan pajak atau NPWP kemudian kita bekerjasama dengan KPU maka disitu ada nomor KPU," Pungkasnya.(*)