Bupati Arif Sugiyanto Tanam Padi Varietas Rojolele dan Tebar Benih Ikan Gabus di Lahan Agri Smart



Bupati dan ketua TP PKK Kebumen saat menanam padi di lahan agri smart komplek pendopo Kabumian.(ft SK/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Ketua TP PKK Kebumen Iin Windarti dan sejumlah kepala OPD kembali menanam bibit padi MT 1 Variates Rojolele di Kebun Kita Agri Smart Kompleks Pendopo Kabumian, Kamis (24/11).

Selain menanam bibit padi, Bupati juga menabur 1000 bibit ikan gabus di Kebun Kita Agri Smart. Bupati menyatakan, ini adalah masa tanam padi ketiga sejak kebun ini diresmikan, dan hasilnya selalu memuaskan.

"Sebelumnya kemarin kita menanam padi hitam, atau padi jaliteng, alhamdulillah padinya bagus, dan hari ini kita kembali tanam padi rojolele yang sudah dikenal masyarakat banyak sebagai padi atau beras yang unggul," ujar Bupati.

Selain padi, pihaknya juga menyebar 1000 bibit ikan gabus, ini adalah kali ketiga Agri Smart menabur benih ikan gabus. Meski terbilang sulit, namun peternakan ikan gabus di Agri Smart hasil cukup memuaskan. 

"Tingkat keberhasilanya 80 persen, karena gabus itu termasuk, kanibal jadi dia bisa makan temannya sendiri," ujarnya.

Baik ikan gabus dan padi, keduanya sama-sama dipanen dalam kurun waktu tiga bulan. "Perkiraan waktu ini sampai tiga bulan baru bisa panen, di sini juga kita ternak ikan lele, kemudian ikan gurameh, belut juga ada, kita sebar di sawah," jelasnya.

Bupati menyatakan, tanaman di Agri Smart tidak selalu sama, ada beberapa tanaman yang diganti dengan tanaman baru. Baik itu sayur-sayuran maupun buah-buahan. Dari melon, wortel, golden mama, pare,  kangkung,  kacang panjang, sayur kol dan juga jambu kristal ada di sini

"Jadi Agri Smart ini adalah kebun yang ditanam banyak jenis sayuran dan buah-buahan sebagai bentuk percontohan agar bagaimana kita bisa memanfaat lahan sekecil mungkin di halaman rumah kita dengan bercocok tanam," terang Bupati.(*)