Berlangsung Meriah GP Ansor Alian Adakan Peringatan HSN dan Maulid Nabi Muhammad SAW


Pengurus GP Ansor Alian saat memperingati HSN sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang bertempat di Pemandian Air Panas Krakal.(ft SK/ist)
ALIAN, (seputarkebumen.com)- Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kecamatan Alian berlangsung sangat meriah. Ratusan pemuda GP Ansor dan Banser Wilayah Alian terlihat dengan semangat mengikuti jalan acara.

Pengurus GP Ansor/Banser kecamatan Alian memperingati HSN sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang bertempat di Pemandian Air Panas Krakal, kecamatan Alian kabupaten Kebumen,Sabtu malam (22/10/22).

Labib Shofiyulloh ketua PAC GP Ansor Alian dalam sambutannya mengatakan “Alhamdulilah pada malam ini kita semua bisa memperingati Hari Santri Nasional sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, karena baru kali ini sejarah GP Ansor dan Banser di Alian bisa mengadakan acara ini,

Kami ucapan terimakasih kepada MWCNU Alian Muslimat NU, Fatayat NU dan bapak Camat Alian,kapolsek,Danramil maupun para tokoh masyarakat, Ulama dan kepada seluruh panitia tanpa kalian semua belum tentu acara ini terwujud,” tutur Labib Shofiyulloh.

Lanjut Labib mengatakan, Hari Santri Nasional bukan hanya apresiasi pemerintah yang dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tertanggal 15 Oktober 2015.

PBNU juga menegaskan seperti hari nasional lainnya, Hari Santri adalah peringatan jasa dan keteladanan bagi para pahlawan secara umum.

“Hari Santri Nasional dirayakan sebagai momentum mengenang kepahlawanan segenap bangsa Indonesia, bukan hanya satu kelompok tertentu saja. Hari Santri harus benar-benar dipahami, dihayati, dan ditegakkan sebagai harinya seluruh bangsa Indonesia tanpa terkecuali,” katanya.

Labib mengingatkan,bbahwa Santri adalah generasi penerus alim ulama dalam memperjuangkan agama Islam, dan garda depan dalam menjalankan kegiatan sosial agama Islam, jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut yakin MWC NU Alian, PAC Muslimat NU Alian, PAC Fafatayat NU Alian, Camat Kinanto. S.IP, Kapolsek, Danramil, Forkopimcam, Labib Shofiyulloh Ketua PAC GP Ansor Alian, Ahmad Purwadi ketua satkoryon Banser Alian, serta tamu undangan.

Mohamad Amin Fitriyadi, Sekretaris Panitia Kegiatan menyampaikan, “Semoga acara- acara seperti ini bisa di laksanakan dan di lestarikan diberbagai tempat atau wilayah masing- masing, selain untuk ajang silaturrahmi juga untuk keselamatan desa dengan berkah Shalawat”

Menurutnya, Peringatan Hari Santri tidak hanya ditujukan untuk para santri saja, tetapi untuk semua kalangan.

"Karena jadi santri tidak harus mondok, tetapi siapapun yang  berakhlaq baik tetep santri," pungkasnya. (Kang Adi)

Habib Muhsin bin Ali AlKaff dalam sambutannya mengatakan, Penetapan Hari Santri Nasional dilakukan berdasarkan peringatan 70 tahun Resolusi Jihad yang diabadikan sebagai penghormatan jasa para ulama.

Hari santri adalah upaya bagi umat Islam untuk menampilkan keislamannya sebagaimana Islam itu hadir dan diturunkan kepada Rasulullah SAW.”

“Santri jika dilihat dari sisi perilakunya adalah sosok yang berpegang teguh pada tali agama Allah, mengikuti sunnah Rasullah SAW serta tidak condong ke kiri maupun ke kanan (Moderat),” katanya.

Oleh karenanya, jelasnya, kelak Rasulullah SAW akan menjadi saksi atas amal perbuatan para santri dan begitupula sebaliknya para santri akan menjadi saksi atas kebenaran ajaran Rasulullah SAW.

“Semoga melalui peringatan Hari Santri ini kita senantiasa dapat menebarkan kebaikan. Walaupun hanya sehari tetapi mudah-mudahan kebaikan itu dapat terus dilakukan di masa yang akan datang,” tutur Habib Muhsin bin Ali Al-Kaff.(*)