Kasus Positif Covid 19 Meningkat, RSUD Kebumen Rawat 50 Pasien


Ruang tunggu RSDS Kebumen (ft sk/ist)

KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Lonjakan kasus Covid 19 di wilayah kabupaten Kebumen meningkat cukup drasis. Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 tercatat jumlah kasus aktif mencapai 249 orang. 

Dari jumlah tersebut, 50 orang diantaranya dirawat di RSUD dr Soedirman Kebumen. Dimana saat ini ketersediaan tempat tidur pasien di rumah sakit ini, masih tersedia sekitar 87 tempat tidur. Sehingga Bad Occupancy Rate (BOR) tersedia 57,47 persen. 

Direktur RSUD dr Soedirman dr Widodo Prihantoro saat ditemui Kamis, 17 Februari 2022 mengatakan rumah sakit juga teleh mempersiapkan apabila terjadi ledakan pasien covid 19 seperti pada tahun lalu. Dimana ruang perawatan kapasitasnya akan ditambah hingga bisa menampung 200 pasien, seiring dengan peningkatan pasien. 

Penambahan tersebut dilakukan, mengingat semua pasien yang datang ke rumah sakit harus wajib tertangani dengan baik. Begitu juga dengan SDM serta sarana dan prasarana dalam penanganan pasien juga diantisipasi untuk juga disiapkan. 


" Kita sudah siapkan langkah langkanya apa, begitu BOR naik kita tambah ruangan,  agar semua pasien covid 19 itu bisa tertangani dengan baik," Ujarnya. 

Dikatakan, untuk layanan pasien umum tidak ada perubahan sama sekali terkait adanya peningkatan jumlah pasien covid 19 yang dirawat di RSUD dr Soedirman. Karena para pasien covid 19 ini sudah dibedakan dari mulai pintu masuk hingga skrining dan perawatannya,  yang apabila diperlukan perawatan akan langsung dimasukkan ke ruang khusus penanganan Covid. Jadi bisa dipastikan pelayanan oleh rumah sakit ini terbilang aman. 

Sehingga masyarakat, yang akan berobat agar tidak takut terpapar covid 19 dari pasien lainnya, dikarenakan RSUD dr Soedirman telah menetapkan standar oprasional yang ada. Begitu juga agar tidak kembali terjadi ledakan kasus covid 19 pihaknya mengimbau kepada masyarakat, agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah. 

" Bilamana ada yang sakit jangan takut masuk ke rumah sakit artinya sudah dibedakan ini pasien covid ini pasien non covid sudah ada jalur masing masing,  jadi jangan takut datang ke rumah sakit khususnya RSUD dr Soedirman,  kita tetap peningkatan pelayanan sesuai dengan standar yang ada," Pungkasnya.(*)