Wabup Rista Mendadak Jadi Nakes di Desa Semanding


KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Memiliki latar belakang sebagai tenaga kesehatan, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih berkesempatan secara langsung memberikan vaksin kepada warga Desa Semanding, Kecamatan Gombong, Kamis (23/9/2021).


Pemandangan tak biasa itu dilakukan saat Wabup Rista meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar di Kantor Kepala Desa Semanding. Orang nomor dua di Kebumen ini tampak piawai menyuntik warga secara bergilir.


"Surat izin saya masih berlaku, insyaallah aman. Saya memberikan suntikan vaksin untuk warga sebagai bentuk dukungan kepada tenaga kesehatan yang telah menjadi garda terdepan penanganan pandemi Covid-19," katanya, disela monitoring.


Selain itu, Wakil Bupati juga memberikan penjelasan kepada warga bahwa vaksin yang diberikan telah dinyatakan aman dan halal karena telah melalui rangkaian uji coba oleh BPOM RI. Untuk itu, ia meminta agar warga tidak termakan hoaks terkait vaksinasi.


"Vaksin ini sebagai ikhtiar kita bersama untuk membentuk kekebalan komunal terhadap Covid-19. Sudah dinyatakan aman dan halal, jadi kalau ada kabar yang memperkeruh situasi ditengah penanganan pandemi ya dihiraukan saja," tuturnya.


Vaksinasi berlangsung atas kerjasama Pemkab Kebumen melalui Dinkes Kebumen bersama Forkopimcam Gombong serta Pemdes setempat. Kegiatan vaksinasi dibuka untuk masyarakat umum secara gratis. Adapun jumlah sasaran vaksin sebanyak 1.000 dosis untuk vaksin dosis 1. (hfd)