Wabup Kebumen Nilai Penanganan Covid-19 Tidak Efektif Jika Masyarakat Abai Prokes


KEBUMEN (seputarkebumen.com)– Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih menegaskan, bahwa program vaksinasi tidak berjalan efektif jika dari masyarakat sendiri abai terhadap protokol kesehatan.


Hal tersebut diungkapkan seiring gencarnya pemerintah melakukan vaksinasi, namun disisi lain tidak sedikit masyarakat yang masih enggan mengenakan masker saat beraktifitas. Fenomena ini menurutnya mengakibatkan angka Covid-19 di Kebumen terus mengalami peningkatan.


“Segala daya dan upaya sudah kita lakukan untuk menekan penyebaran Covid-19, salah satunya dengan vaksin. Tetapi vaksin saja tidak efektif bilamana kita abai prtokol kesehatan,” jelasnya, saat monitoring vaksinasi di Desa Ngasinan, Jumat (25/6/2021).


Rista menyebutkan, per hari kemarin di Kebumen terdapat kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 1073 orang. Jumlah tersebut merupakan akumulasi termasuk beberapa hari terakhir sedang mengalami kenaikan cukup signifikan.


“Dengan jumlah pasien positif Covid-19 yang semakin banyak, apakah kita masih akan tidak memperdulikan tentang protokol kesehatan,” jelasnya.


Rista meminta, agar Satgas Covid-19 Kabupaten hingga tingkat Kecamatan untuk gencar melaksanakan operasi justisi mengingat masih didapati masyarakat tidak patuh terhadap protokol kesehatan, khususnya di tempat pusat perekonomian masyarakat.


“Saya minta jajaran Polres Kebumen, Satpol PP dan unsur lain jangan kendor. Ibarat sebuah ember, jangan sampai sudah kita tutup atasnya tapi bocor dari bawah,” tambah Rista.


Menurutnya, upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu, Ia pun mengajak kepada segenap elemen masyarakat turut serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kebumen.


“Mari kita menyingsingkan lengan baju, bekerja bersama dan saling gotong royong untuk menekan pasien Covid-19 agar tidak terjadi lonjakan terus menerus,” ucapnya. (hfd)