Dinkes Kebumen Pastikan Pasokan Oksigen untuk Tangani Pasien Covid-19 Aman


Foto : Istimewa


KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen memastikan ketersediaan oksigen di sejumlah Rumah Sakit tercukupi seiring meningkatnya kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kebumen.


Sekretaris Dinkes Kebumen, dr Iwan Danardono Sp. Rad, M.M.R mengaku, sejauh ini meskipun lonjakan pasien Covid-19 terus kian mengkhawatirkan, namun pihaknya telah melakukan beragam upaya terkait kesiapan sarana dan prasarana penunjang penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Kebumen.


"Alhamdulillah, disini (Kebumen) sudah diatasi oleh Pak Bupati, kebetulan satu penyedia jasa, jadi untuk mengcover manakala terjadi lonjakan masih sanggup," jelasnya, saat Konfrensi Pers di RM Sop Ari 2, Rabu (23/6/2021).


dr Iwan menambahkan, sebagai upaya antisipasi, pihaknya juga telah melakukan penambahan pasokan tabung oksigen di sejumlah Rumah Sakit di Kebumen.


"Kemarin sudah ada tambahan pasokan tabung oksigen, untuk jangka waktu bisa 10 hari kedepan," ucapnya.


Tak hanya oksigen, Dinkes Kebumen juga telah memiliki petunjuk teknis dan pelaksanaan skenario terburuk jika angka Covid-19 terus mengalami peningkatan.


"Tempat tidur di Rumah Sakit sudah mencapai 64 persen, lampu merahnya sekitar 80 persen. Di Kabupaten Kebumen masih aman. Tapi kita sudah ada treatmen antisipasi," sebutnya.


dr Iwan juga mengajak awak media untuk terus  mengedukasi masyarakat agar trafik pasien Covid-19 tidak kian mengkhawatirkan.


"Kita harus bekerja bareng untuk mengerem lonjakan pasien Covid-19 di Kebumen. Tanpa peran media langkah ini kurang optimal untuk langkah penanganan dan pencegahan," ucapnya. (Hfd)