SMAN 1 Kebumen Order GeNose Persiapan Hadapi PTM

Foto : Lobi depan SMAN 1 Kebumen, Jalan Mayjen Sutoyo No 7, Bumirejo, Kebumen.

KEBUMEN, (seputarkebumen.com) - SMAN 1 Kebumen tengah mempersiapkan dengan matang pelaksanaan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang bakal digelar pada 5 April 2021. Hal yang telah dilakukan yakni memesan alat deteksi dini Covid-19, GeNose yang merupakan karya Universitas Gajah Mada (UGM).

“Kita sedang pengadaan genose untuk deteksi dini, dengan harapan begitu masuk PTM alat sudah ada,” kata Kepala SMAN 1 Kebumen, Rachmat Priyono, Jumat (26/3/2021).

Rachmat menambahkan, GeNose menjadi alat alternatif yang dinilai efektif dan ekonomis untuk skrining awal terkait Covid-19.

 “Pengadaan GeNose berharap ada 2 unit, kalau rapid mungkin lebih mahal. Genose sendiri lebih murah, hanya ganti kantong saja,” imbuhnya.

Ia berharap, dengan hadirnya alat deteksi dini GeNose dapat mengantisipasi terjadinya klaster Covid-19 di sekolah saat PTM berlangsung.

“Kebetulan rektor UGM juga alumni sini. Kita pesan belum lama, masih nunggu konfirmasi dari UGM agar tidak muncul klaster baru dari sekolah,” ujarnya.

Selain GeNose, pihaknya juga telah menyediakan sarana dan prasarana pendukung guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Mulai penyediaan tempat cuci tangan, pembagian masker hingga handsaintizer.

“Tempat cuci tangan kita sediakan sekitar 80 unit berada di depan kelas dan area publik,” ucapnya.

Rachmat menjelaskan, pola PTM nantinya akan diberlakukan hanya untuk kelas X dengan jumlah peserta didik yang telah ditentukan. Untuk selanjutnya dilakukan secara bertahap sesuai hasil evaluasi.

“Tahap awal, kita buka kelas X saja dan ada 10 siswa setiap kelas. Totalnya 100 siswa. Jadi nanti secara bertahap. Jika aman dan baik akan diperluas dari segi jumlah dan kelas berikutnya,” terangnya.

Diketahui, Provinsi Jawa Tengah akan melaksanakan uji coba PTM tahap pertama pada 5-16 April mendatang. Uji coba itu akan diselenggarakan untuk tingkat SMP, SMA/SMK dan MA, sementara untuk tingkat SD,TK dan PAUD belum diberlakukan atas dasar masukan dari sejumlah ahli. 

Untuk Kebumen sendiri, sebanyak empat sekolah akan melaksanakan uji coba PTM tahap pertama. Keempat sekolah itu diantaranya SMAN 1 Kebumen, SMKN 2 Kebumen, MAN 1 Kebumen dan SMPN 1 Kebumen. (Hfd)