Pemkab Kebumen Serahkan Tugas Pemakaman Pasien Covid-19 ke Banser NU

Banser NU melalui tim Banser Tanggap Bencana (BAGANA) sedang menurunkan peti jenazah pasien Covid-19. 

KEBUMEN, (seputarkebumen.com) - Pemerintah Kabupaten Kebumen memberikan amanah baru kepada Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU untuk menangani pemakaman jenazah pasien Covid-19.

Melalui Surat Bupati, Nomor: 440/08 tentang penanganan pemulasaran dan pemakaman Covid-19 di Kabupaten Kebumen. Diterangkan, keputusan itu diambil dengan alasan menyikapi program vaksinasi Covid-19 yang sedang berlangsung.

"Penanganan pemulasaran dan pemakaman Covid-19 akan dilaksanakan secara profesional oleh tim relawan pemakaman dari Banser," tulis Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz dalam surat.

Surat tersebut ditujukan kepada OPD maupun instansi terkait untuk disebarluaskan. Dalam surat tertanggal tertanggal 29 Januari 2021 itu juga terdapat sejumlah nomor telpon petugas sebagai sumber informasi.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kebumen, Salam mengaku, BPBD Kebumen kini tak lagi melakukan tugas pemulasaran sekaligus pemakaman pasien Covid-19 lantaran terbentur anggaran. Sementara pihaknya juga mendapat tugas baru mensukseskan program vaksinasi.

“Tidak ada post anggaran di tahun 2021. Kita juga menyambut program vaksinasi. Sebelumnya sih ada anggaran, untuk satu hari berapapun titik pemakaman personel dapat Rp 75 ribu,” terangnya.

Salam menambahkan, meski tugas tersebut telah dilimpahkan ke Banser NU. Pihaknya akan tetap terlibat dengan memantau dan mengakomodir fasilitas prosesi pemulasaran maupun pemakaman pasien Covid-19.

“Kita tidak lepas tangan, pasti akan kita pantau. BPBD Kebumen memfasilitasi bon pinjam peralatan dan kendaraan yang biasa digunakan, ada dua mobil pick up, dan satu unit mobil operasional," jelasnya.

Selain itu, BPBD Kebumen juga telah mempercayai kinerja Banser NU dalam misi kemanusiaan menghadapi pandemi Covid-19. Banser NU dinilai berperan aktif berkolaborasi dengan BPBD Kebumen khususnya saat pemakaman jenazah pasien Covid-19.

"Dari mulai awal pandemi tim Banser ikut ambil bagian, jadi sudah terlatih dan professional menagani pemakaman pasien corona,” ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kebumen, Mudzakir mengaku kaget atas amanah yang diberikan Pemkab Kebumen terkait hal tersebut. Meski begitu, pihaknya akan berupaya menjalankan dengan penuh tanggung jawab.

"Kaget diberi amanah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen. Tentu amanah yang dipercayakan ke kami (Banser) merupakan bentuk tanggung jawab yang harus di laksanakan," jelasnya.

Kepada hestek.id, Muzakir membeberkan bahwa sejauh ini dalam beberapa kesempatan pihaknya melalui Banser Tanggap Bencana (BAGANA) telah bersinergi bersama BPBD Kebumen terkait pemakaman pasien Covid-19. Ini dilakukan sebagai bentuk perhatian penanganan pandemi Covid-19.

"Ikhtiar kami dalam membantu pemerintah dengan tugas tim pemulasaran dan pemakaman jenazah pasien Covid-19," ucapnya.

Mengacu data Satgas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Kebumen yang diperbarui secara periodik. Hingga 2 Februari 2021, tercatat kasus pasien meninggal dunia akibat Covid-19 sebanyak 221 orang.

Sementara kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 5.919 orang. Dari jumlah itu, dirawat sejumlah 378 orang, menjalani isolasi 445 orang, dirujuk 10 orang, dan sembuh 4.935 orang. (Hfd)