RSDS Kebumen Sediakan Ruang Darurat Vaksinasi Covid-19

Foto : Ruang darurat KIPI di RSDS Kebumen.

KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Sebagai langkah antisipasi kejadian medic yang berhubungan dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Rumah Sakit dr Soedirman (RSDS) Kebumen menyiapkan ruang darurat khusus Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi (KIPI).

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSDS Kebumen Sri Fatmahwati menjelaskan, pihaknya menyiapkan dua tempat tidur dengan peralatan pendukung di Intaslasi Gawat Darurat berkenaan indikasi menunjukan efek vaksinasi Covid-19.

“Harapan sih tidak terpakai. Tapi kita lakukan sesuai prosedur pakai alat standar dengan menyediakan ruang khusus,” katanya, disela Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Kebumen di RSUD Dr Soedirman, baru-baru ini.

Fatmahwati menambahkan, ruang tersebut nantinya dijadikan rujukan jika layanan fasilitas kesehatan selain di RSDS Kebumen dirasa membutuhkan.

“Kalau KIPI ringan kan bisa ditangani di Puskesmas. Disini kita juga menerima rujukan dari temen-temen lain,” imbuhnya.

Fatmahwati menerangkan, reaksi yang mungkin terjadi setelah vaksinasi Covid-19 hampir sama dengan vaksin yang lain. Beberapa gejala tersebut antara lain seperti nyeri, kemerahan, bengkak pada tempat suntikan, badan lemah, demam bahkan hingga pingsan.

“Bisa ada efeknya itu tadi. Siapapun yang dirujuk kita siap,” ucapnya.

Dijelaskan, pemantauan kasus KIPI dimulai langsung selama 30 menit setelah vaksinasi. Layanan fasilitas kesehatan nantinya akan menerima laporan KIPI dari sasaran yang divaksinasi apabila ditemukan dugaan KIPI serius.

“Hasil pelacakan dilaporkan ke kelompok kerja untuk dilakukan analisis kejadian, tindak lanjut kasus,” pungkasnya. (hfd)