Prajurit TNI Kodim 0709/Kebumen Diajak Produktif Ditengah Pandemi

Foto : Dr Aqua Dwipayana memberikan motovasi dihadapan prajurit TNI Kodim 0709/Kebumen, Senin (1/19/2020).

KEBUMEN (seputarkebumen.com)- Pandemi Covid-19 bukanlah satu alasan untuk tidak produktif. Untuk itu, butuh kepekaan dalam memetakan setiap potensi diri sehingga dapat menghantarkan hasil terbaik disetiap aktivitas.

Itulah garis besar yang disampaikan pakar komunikasi dan motivator, Dr Aqua Dwipayana saat memberikan pemantik semangat para prajurit Kodim 0709/Kebumen, Senin (1/19/2020).

“Ada raksasa dalam diri kita, namanya potensi. Tugas kita adalah menggali untuk pengembangan diri,” papar Dr Aqua.

Selama dua jam, pria kelahiran Pemantang Siantar, Sumetera Utara itu menyampaikan ceramah motivasi tentang cara menyikapi agar para prajurit TNI mau bersyukur dan tidak larut dalam suasana pandemi.

“Jangan bekerja tanpa ruh, jangan anggap ini rutinitas. Bisa dibayangkan diluar prajurit masih ada yang bingung pemasukan, bingung tidak ada pendapatan,” terangnya.

Selain menggali potensi diri, Dr Aqua menekankan kepada para prajurit untuk menjaga marwah TNI. Dengan menimbang sebab dan akibat dalam setiap mengambil keputusan saat bertugas maupun diluar tugas.

“Konsekuensi prajurit selama 24 jam ya selalu menjadi sorotan masyarakat. Perilaku dan tutur kata harus dijaga. Apapun dimana kapanpun kita mewakili jendral bintang empat,” imbuhnya.

Ia juga meminta TNI untuk terus berbaur dan mendekatkan diri kepada masyarakat. Sehingga tidak muncul sekat antara TNI dan rakyat. Hal ini dinilai dapat membantu tugas TNI itu sendiri dalam menjaga teritorial wilayah.

“Tanggung jawab TNI ya teritorial kan, jadi tidak ada salahnya kita kenal si A atau si B. Justru sangat membantu tugas. Silaturahmi biar kenal satu dan yang lain,” jelasnya.

Kegitan yang bertajuk Sharing Komunikasi dan Motivasi di Aula Makodim 0709/Kebumen dihadiri seidikitnya 50 prajurit TNI dari berbagai Koramil yang ada di Kebumen. Para prajurit mendengarkan dengan seksama wejangan motivator yang telah bersafari di ratusan instansi baik pemerintah maupun swasta.

Sementara, Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara mengaku terbantu dengan adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan yang dihadiri Persit Kartika Chandra Kirana dan sejumlah ASN dilingkungan Kodim 0709/Kebumen ini dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas.

“Banyak makna yang terkandung. Ini bisa menjadi pedoman khususnya kepada Babinsa dan yang lain dalam melaksanakan tugas dilapangan,” ucapnya.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dr Aqua yang telah menjadwalkan agenda berkunjung ke Kebumen setelah melawat ke beberapa Kodim di Jawa Tengah.

“Apresiasi dan terima kasih kami sampaikan materi yang disampaikan tentang pentingnya Komunikasi guna pencapaian target kinerja sesuai tugas pokok khususnya pembinaan teritorial,” tutup Dandim. (hfd)