DPC Gerindra Kebumen : Kaderisasi Parpol Wujud Peningkatan SDM untuk Indonesia Maju

Jajaran pengurus DPC Partai Gerindra Kebumen saat kegiatan Lokakarya Pendidikan Politik Dapil dan Kaderisasi Partai Gerindra Kebumen, Kamis (31/12/2020) siang. (Foto : Hafied)

PETANAHAN (seputarkebumen.com) - Kaderisasi partai politik dinilai dapat menentukan arah kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk mewujudkan Indonesia Maju sesuai visi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Hal tersebut mengingat sistem dan mekanisme demokrasi menempatkan kader sebagai representasi parpol untuk mengisi posisi strategis dalam pemerintahan.

Ketua DPC Partai Gerindra Kebumen, Agung Prabowo mengungkapkan, hadirnya kader partai termasuk Partai Gerindra di setiap elemen diharapkan mampu menjadi fasilitasi serta komunikator penyerap aspirasi masyarakat. Dengan begitu, akan diupayakan mencari formulasi jalan keluar atas aspirasi yang dibutuhkan masyarakat melalui lembaga legislatif maupun eksekutif.

"Yang mendengar pertama permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat adalah para kader. Mereka telinga dan tangan kami di bawah," kata Agung saat Lokakarya Pendidikan Politik Dapil dan Kaderisasi Partai Gerindra Kebumen, Kamis (31/12/2020) siang.

Bertempat di Pendopo Aspirasi Partai Gerindra Kebumen, Agung menganggap bahwa kegiatan pendidikan politik dan kaderisasi merupakan upaya peningkatan kapasitas sebagai modal utama kekuatan partai untuk melayani segenap aspirasi masyarakat.

"Kita ingin kader ini matang dan faham medan juang untuk kemaslahatan bersama," imbuhnya didampingi Sekretaris DPC Partai Gerindra Kebumen, Parjono.

Pada kesempatan itu, sekaligus pemantapan pengurus ranting Partai Gerindra di 87 Desa pada Dapil 7 meliputi Kecamatan Ambal, Mirit, Padureso dan Bonorowo.

Hadir pula ditengah kegiatan, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kebumen, Suprijanto. Ketua Gerakan Muslim Indonesia Raya, Kyai Ahmad Fauzan Fatkhuloh Muzzani. Akhsin, mantan DPRD Kebumen tiga periode serta jajaran pengurus DPC Partai Gerindra Kebumen.

Sementara, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kebumen, Suprijanto menambahkan, Partai Gerindra terus menempatkan diri sebagai representasi rakyat untuk terus berperan menyelesaikan setiap masalah dalam berbagai aspek pembangunan dan pemerintahan sesuai dengan amanat konstitusi.

"Melalui kader dan para pengurus partai akan menentukan kualitas dan efektifitas fungsi serta kinerja kami di kursi parlemen. Sehingga setiap kebijakan yang diambil selaras dengan aspirasi masyarakat," ucap pria disapa Dodi.

Lebih lanjut, Dodi berkomitmen melalui anggota legislatif di setiap komisi DPRD dari Fraksi Gerindra akan fokus mengawal aspirasi dengan bersinergi bersama masing-masing mitra komisi di Pemerintahan Kabupaten Kebumen.

"Kita ada bertujuh ditambah dari partai lain di Fraksi Gerindra memiliki beberapa peran dan fungsi sesuai kewenangan di komisi. Itu yang akan diperjuangkan," tandasnya. (Hfd)