Bupati Kebumen Imbau Masyarakat Tak Rayakan Momentum Nataru

Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz saat membuka Rakor Lintas Sektoral Ekonomi, Keuangan, Industri dan Perdagangan (Ekuinda) dalam rangka Pengamanan Perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 Kabupaten Kebumen, Senin (2/12/2020). (Foto : Humas Pemkab Kebumen)

KEBUMEN (seputarkebumen.com) - Jelang momentum Hari Natal dan Tahun Baru 2021, Bupati H Yazid Mahfudz mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kebumen agar menahan diri untuk tidak melakukan euforia secara berlebihan, apalagi mengundang banyak kerumunan.


Permintaan ini disampaikan Bupati saat membuka Rakor Lintas Sektoral Ekonomi, Keuangan, Industri dan Perdagangan (Ekuinda) dalam rangka Pengamanan Perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 Kabupaten
Kebumen, mengingat trend pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kebumen masih cukup tinggi.

"Potensi kerumunan seperti perayaan tahun baru saya himbau untuk ditiadakan. Baik yang dilaksanakan didalam ruangan maupun diluar ruangan," pinta Yazid Mahfudz, di Ruang Jatijajar Komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin (2/12/2020).

Bupati meminta kepada seluruh Camat agar terus mengingatkan masyarakat di wilayahnya untuk mematuhi protokol kesehatan. Selain juga meminimalisir aktivitas yang menyebabkan potensi penyebaran Covid-19.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengimbau kepada seluruh pimpinan OPD beserta jajarannya, agar ikut mendukung dan menjaga keamanan selama jelang natal dan tahun baru.

"Sehingga masyarakat yang khususnya melaksanakan perayaan natal dapat merayakannya dengan nyaman, aman dan penuh kedamaian," katanya.

Ia menambahkan, dimasa pandemi seperti protokol kesehatan harus tetap dijalankan dan diterapkan. Baik di tempat ibadah saat melaksanakan perayaan natal, di pasar tradisional maupun modern, di objek wisata, di terminal dan layanan transportasi umum, dan di layanan kesehatan.

Sementara, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama dalam paparannya menyampaikan Polres Kebumen menggelar pengamanan Operasi Lilin 2020 sejak 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2020 guna terciptanya Kamtibmas yang kondusif.

"Operasi pengaman digelar serentak di seluruh jajaran Polri mulai tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan," terang Piter.

Polres Kebumen menurunkan 221 personel pengamanan yang selanjutnya akan diploting pada sejumlah titik.

Selain itu, Polres Kebumen menyiapkan beberapa Pos Pengaman, Pos Pelayanan, dan Pos Pantau untuk mendukung pelaksanaan.  Para personel ditempatkan di titik pengaman termasuk melekat ke Gereja.

Kapolres optimis pelaksanaan pengamanan perayaan Natal dan tahun baru di Kebumen akan berjalan aman dan kondusif.

"Dengan dukungan semua pihak kami optimis pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan aman kondusif," kata Piter. (*/Hfd/SK)