Ditantang Pandemi dan Musim Hujan, KPU Kebumen Mulai Distribusikan Logistik Pilkada


KEBUMEN, (SeputarKebumen) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen telah menetapkan jadwal distribusi logistik. Targetnya, pada pada H-5 semua logistik sudah sampai ke tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), kemudian serah terima kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditarget dilakukan pada H-3, dan pada H-1 harus sudah berada di lokasi TPS.

Dijelaskan Ketua KPU Yulianto, Rabu (18/11/2020) distribusi logistik Pemilu tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Selain berlangsung di tengah pandemi Covid-19, kondisi musim penghujan dan Kebumen yang termasuk wilayah rawan bencana menjadi perhatian penting bagi penyelenggara Pilkada.

"Kami sudah terbiasa mengurus persiapan logistik, hanya saja kali ini situasinya berbeda, yakni diprediksi akan lebih sering turun hujan dan juga di tengah pandemi Covid-19," ujar Ketua KPU Kebumen Yulianto.

Untuk saat ini, lanjut Yulianto, KPU Kebumen tengah mematangkan persiapan penyortiran surat suara, packing kelengkapan TPS, hingga persiapan pendistribusiannya. Adanya Pandemi membuat KPU harus mendistribusikan 2 jenis logistik. Yakni logistik untuk kebutuhan pemungutan suara dan logistik kelengkapan penerapan protokol kesehatan pencegahan persebaran Covid-19.

"Iya, dan (logistik kelengkapan protokol kesehatan) juga jumlahnya tidak kalah banyak dengan kelengkapan pemungutan suara itu sendiri. Harus terdistribusi semua tepat waktu agar proses penyelenggaraan dan kebutuhan keamanan terhadap Covid-19 sama-sama terkendali," ujarnya

KPU meyakinkan semua logistik sudah berada di TPS pada maksimal pukul 06.00 WIB di hari pencoblosan 9 Desember 2020. (pF)