Rumah Rusak Terdampak Banjir Akan Diperbaiki Pemkab

 


KEBUMEN, (SeputarKebumen) - Perbaikan tanggul jebol pada aliran Sungai Kali Karanganyar Kebumen telah selesai. Bupati KH Yazid Mahfudz meninjau perbaikan tanggul tersebut sembari mengunjungi warga yang rumahnya roboh diterjang banjir. Kepada warga Bupati mengatakan, perbaikan rumah terdampak bencana ini akan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen.

"Dari Dinsos Rp 10 juta, kemudian ada juga dana dari Baznas dan materialnya dari BPBD. Kita urunan, gotong royong,"  terang Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz saat mengunjungi lokasi rumah roboh, Rabu (28/10/2020) sore.

Kerusakan rumah di Kelurahan Panjatan ini terbilang parah. Satu diantaranya rata dengan tanah yakni rumah milik Tukirno (49) warga RT 04 RW 01 Kelurahan Panjatan.

Sedangkan, di Kelurahan Jatiluhur ada 24 KK terdampak jebolnya tanggul Sungai Kali Karanganyar. Yakni sebanyak 4 Kepala Keluarga di RT 01 RW 02 dan 20 Kepala Keluarga di RT 01 RW 01. Dari jumlah itu ada 4 rumah warga yang dapurnya rusak dan tidak bisa difungsikan.

"Karena belum bisa digunakan untuk memasak, kita suplai kebutuhan makan minum dari dapur umum," terang Bupati.


Pada kesempatan yang sama, Bupati juga meninjau perbaikan tanggul jebol pada aliran Sungai Kali Karanganyar di Kelurahan Panjatan yang dilaporkan telah selesai. Bupati juga meninjau perbaikan tanggul di Kelurahan Jatiluhur yang lokasinya tak begitu jauh dari lokasi tanggul Panjatan.

"Alhamdulillah yang di Panjatan telah selesai. Kemudian, di Jatiluhur besok (hari ini .red) Insya Allah selesai," kata Yazid Mahfudz didampingi Kepala Dinas PU PR Haryono Wahyudi, Kepala Dinas Sosial PPKB Eko Widianto, dan Plt Kalak BPBD Teguh Kristiyanto.

Terkait penanganan bencana banjir dan tanah longsor, Bupati mengatakan pihaknya telah menambah 1 lagi alat berat sehingga total ada 10 alat berat yang saat ini dioperasikan. Pihaknya berharap penanganan bencana di Kabupaten Kebumen segera selesai. Sehingga masyarakat kembali beraktivitas.

"Alat berat dari DPU, BPBD, BBWS Serayu Opak dan ada juga yang sewa. Saya minta masyarakat tetap waspada karena diprediksi masih akan turun hujan. Kepada camat agar segera melapor jika ada kejadian," tegas Bupati. (SK/pF)