Miris, Penderita ODGJ Tidur di Kandang Kambing




KARANGGAYAM ( seputarkebumen.com ) Benar- miris kondisi Sawon ( 41 tahun ) warga dukuh krajan desa Penimbun kecamatan karanggayam, penderita ODGJ ( orang dengan gangguan jiwa ) yang selama bertahun tahun tinggal dirumah yang sangat tidak layak huni. Bagaimana tidak, bahkan Sawon harus tidur dikandang kambing miliknya. Kondisi tersebut membuat komunitas sedulur kebumen tergerak, rabu ( 21/10/2020 ) dikoordinasi sesepuh sedulur kebumen Sugeng Budiawan, kapolres Kebumen, Akbp Rudy cahya kurniawan, Santoso Budiawan dan anggota Sedulur Kebumen serta Sedulur Karanganyar, melakukan survai ke lokasi.


Menurut penuturan Parmi (49th) kakak Sawon, kondisi Sawon yang dulu suka mengamuk, tapi berkat pengobatan rutin dan pendampingan dari puskesmas karanggayam,kondisinya sekarang sudah membaik walaupun tetap harus kontrol dan mengonsumsi obat.


Allhamdulilah mas kondis adik saya sekarang sudah membaik, sudah tidak suka mengamuk lagi. Tapi ya itu kontrol ke puskesmas tetap rutin dan obat juga tetap dikonsumsi,kalo tidak khawatir kambuh lagi. Trimakasih buat bu dokter dan perawat puskesmas yang sllu perhatian ke adik saya, ungkapnya.


Kapolres kebumen Akbp Rudy cahya kurniawan yang ikut meninjau lokasi juga mengungkapkan pihaknya siap membantu untuk terwujudnya rumah Sawon,tentunya dng bergotong royong rumah Sawon akan terwujud dan layak huni.


Awalnya kondisi rumah Sawon tersebar saat kepala puskesmas karanggayam Dr. Jen Alif Latifah Helmy, menjenguk Sawon karena dia adalah pasien rutin di puskesmas yang dipimpinnya.


Saya terkejut saat saya menjenguk pasien,karena rumahnya sangat jauh dari kata layak dan saya melihat sendiri Sawon tidur dikandang kambing, karena saya prihatin trus saya sher ke grup sedulur karanggayar dan akhirnya sepakat membantu untuk terwujudnya rumah Sawon, ungkapnya.



Sesepuh sedulur Kebumen Sugeng budiawan, kembali menegaskan pihaknya akan terus bergerak untuk membantu warga Kebumen yang masih mempunyai rumah tidak layak huni.


Betul mas,kali ini sedulur Kebumen berkolaborasi dengan Sedulur Karanganyar untuk membuat rumah Sawon menjadi layak, apalgi sampai tidur dikandang kambing,ini sangat tidak manusiawi, ayo kita bersama sama membantu bagaimanapun dia saudara kita, Pungkasnya.( sk/kpk)