Disimulasikan, KPU Yakin Pelaksanaan Pilkada Dengan Protokol Covid-19 Aman


KEBUMEN, (SeputarKebumen) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen, Rabu (28/10/2020) melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan Protokol Kesehatan. Simulasi dilaksanakan di ruang pertemuan RM Yunani Kebumen. Penyelenggaraan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 hampir bisa dipastikan akan berlangsung di tengah pandemi.

Sesuai amanat PKPU 13/2020 tentang penyelenggaraan pemungutan suara dengan protokol kesehatan, beberapa penyesuaian akan diterapkan sebagai konsekuensi diterapkannya kebiasaan baru (new normal). Aturan-aturan baru ini terus diuji oleh KPU, salah satunya dengan melaksanakan simulasi.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kebumen Yulianto menyampaikan, simulasi ini merupakan simulasi tahap pertama. Pada pertengahan November mendatang KPU berencana menggelar simulasi tahap kedua.

"Pada simulasi tahap pertama ini kami fokus ke penerapan protokol kesehatan. Selain menguji perangkat pemungutan suara, kami juga akan menghitung berapa waktu yang dibutuhkan oleh setiap pemilih. Mulai dari hadir ke TPS hingga selesai mencoblos," terang Yulianto.

Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz melalui dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bupati (SAB) Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Amin Rahmanurasjid menyatakan, penyelenggaraan simulasi penting untuk dilaksanakan dalam rangka memantapkan kesiapan dalam penyelenggaraan. 

"Ada banyak hal bisa diambil melalui simulasi, seperti adanya gambaran jelas dan utuh proses demi proses, serta pemahaman petugas akan tugas dan pokok masing-masing pos," kata Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan SAB Amin Rahmanurasjid.

Selanjutnya, Bupati secara khusus juga meminta KPU untuk mensimulasikan pemungutan suara dalam situasi bencana. Penyelenggaraan Pilkada pada 9 Desember mendatang, Kabupaten Kebumen diperkirakan masih berada di musim penghujan.

"Mengingat bahwa Kabupaten Kebumen merupakan salah satu wilayah rawan bencana, mohon KPU juga mengagendakan simulasi pemungutan suara dalam situasi bencana. Seperti hujan besar atau banjir, sehingga kita akan siap bagaimana penanganan situasi terburuknya," pinta Bupati.


Hadir pada acara simulasi, Ketua KPU beserta para Komisioner, Bawaslu, Pasi Intel Kodim 0709/Kebumen Kapt Riyanto mewakili Dandim, SAB Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Amin Rahmanurasjid, Sekretaris Dinkes Kusbiyantoro, para petugas PPK, perwakilan paslon, dan para Relawan Demokrasi KPU Kebumen.(pF)