Demi Keselamatan, 563 Petugas Panwas di Kebumen Jalani Rapid Test


KEBUMEN (SeputarKebumen) - Sebanyak 563 Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Pemilu tingkat Desa/Kelurahan akan menjalani rapid test secara bertahap mulai hari ini, Senin (3/8/2020). Menurut Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kebumen Arif Supriyanto, Rapid test untuk seluruh jajarannya ini dilakukan guna memastikan kesehatan dan keselamatan para pengawas pemilu dalam melakukan pengawasan tahapan Pilkada 2020.

“Rapid test dilaksanakan dengan tujuan menjamin keselamatan dan kesehatan para pengawas pemilu dalam menjalankan tugasnya mengawasi tahapan Pilkada Kebumen 2020,” tuturnya.

Sebelumnya, Rapid test juga telah dilaksanakan kepada para Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kebumen, Rabu (27/7/2020). Rapid test bagi Panwascam dan Panwaslu Desa/Keluarahan se Kabupaten Kebumen yang berjumlah jumlah 563 orang. Rapid test akan dilaksanakan selama dua hari yakni 3 dan 4 Agustus 2020.

“Rapid test untuk Panwascam dan Panwaslu dilaksanakan mulai hari ini 3 Agustus dan besok,” katanya.

Adapun tempatnya, akan dilaksanakan secara terpisah di enam Puskesmas. Ini meliputi Puskesmas Kebumen dan Mirit untuk 3 Agustus. Sedangkan di 4 Agustus akan dilaksanakan di Puskesmas  Gombong, Karangayar, Pejagoan dan Kutowinangun.

“Harapannya yakni kesehatan dan keselamatan pengawas pemilu dalam mengawal tahapan pilkada di masa Pandemi Covid-19 ini dapat terjamin,” ungkapnya.

Arif menegaskan, jika hasil rapid testnya terdapat yang reaktif, maka segera diteruskan dengan swab. Pelaksanaan rapid test juga untuk mendukung agar pikada dapat dilaksanakan dengan baik meski di tengah Pandemi Corona.

“Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik dan lancar,” katanya.
 
Untuk diketahui, rapid test untuk para petugas penyelenggara pemilu sebelumnya juga telah dilakukan oleh KPU Kebumen. Dalam hal ini sebanyak 6.157 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Bukan hanya PPDP saja, rapid test juga diikuti oleh seluruh staf sekretariat, PPK beserta Sekretariat PPK, PPS dan Sekretariat PPS, pada awal Juli lalu. 

Disampaikan Ketua KPU Kebumen Yulianto, program rapid test tersebut dilaksanakan berkat kerjasama KPU dan Pemkab Kebumen. Dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen. 

"Rapid test diikuti oleh seluruh jajaran penyelenggara Pilbup Kebumen 
2020," terang Yulianto.