Warga Gombong Positif Covid-19, Alun-Alun Manunggal Ditutup


GOMBONG (SeputarKebumen) Tim Pendisiplinan Pencegahan Covid-19 Kecamatan Gombong menutup Alun-alun Manunggal untuk semua aktifitas warga mulai Senin (6/7/2020). Penutupan ini dilakukan sebagai tindaklanjut beredarnya informasi yang menyebutkan adanya penambahan pasien positif Corona yang berasal dari kecamatan Gombong.

Dikonfirmasi Seputar Kebumen, Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 Kecamatan Gombong Bambang Priyambodo membenarkan kabar tersebut. Meski telah mengantongi identitas warga dimaksud, namun pihaknya enggan membeberkan informasi lebih lanjut terkait pasien positif Corona dimaksud. Adapun penutupan alun-alun kebanggan warga Gombong ini, lanjut Bambang, terpaksa dilakukan karena karena tim pendisiplinan merasa kesulitan untuk mengarahkan pasien dan keluarga agar melakukan karantina mandiri.

"Terpaksa kami tutup sampai nanti malam. Hari ini dan nanti malam dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan. Besok pagi (7/7/2020) sudah aktifitas biasa lagi," lanjutnya.

Dikatakan Bambang yang juga anggota tim pendisiplinan pencegahan Covid-19 kecamatan Gombong, pihaknya telah menerima data resmi terkait hasil lab atas warga kecamatan Gombong yang menunjukkan hasil Positif.

"Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten belum mengumumkan, tapi kami tidak ingin terlalu lama menunggu. Khawatir ada penularan dan makin meluas," terang Bambang Pri melalui aplikasi pesan singkat.

Informasi yang berhasil dihimpun, pasien positif asal kecamatan Gombong ini memiliki riwayat bepergian ke Jakarta pada awal Juni 2020. Sesuai prosedur, pasien ini melapor ke perangkat desa setempat yang ditindaklanjuti dengan uji rapid (Rapid Test). Diketahui, uji Rapid menunjukkan hasil reaktif.

Atas hasil ini yang bersangkutan kemudian menjalani uji SWAB di RSUD dr Soedirman Kebumen dan hasil lab telah terbit dengan hasil positif. (pF)