Merapat Ke Arif-Rista, Ketua DPW PAN Jateng: Sudah Terbukti Berprestasi


SRUWENG (SeputarKebumen) - Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya menentukan sikap dalam menghadapi Pilkada Kebumen Tahun 2020. Partai pimpinan Zulkifli Hasan ini Rabu (22/7/2020) mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih. 

Ditemui usai acara, Ketua DPW PAN Jawa Tengah Wahyu Kristanto mengungkapkan alasan partainya memilih pasangan Arif-Rista adalah karena calon Bupati Arif yang juga Wakil Bupati sekaligus Ketua Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TKP2K) telah terbukti mampu menurunkan secara signifikan angka kemiskinan di Kebumen.

"Kami melihat kinerja mas Arif sebagai Wakil Bupati cukup baik ya. Ketika kita bicara Kebumen dalam kondisi tertentu, kami bahagia, Pilkada Insya Alloh akan berjalan dengan mulus. Dan ini menjadi keuntungan bagi masyarakat Kabupaten Kebumen," terang Wahyu Kristanto.

Keuntungan dimaksud, lanjut Wahyu, adalah karena status Arif yang saat ini masih menjadi Wakil Bupati aktif sehingga jika terpilih nanti bisa langsung bekerja. Berbeda jika mengusung pasangan non petahana yang membutuhkan waktu hingga satu tahun untuk recovery.

Pada kesempatan yang sama, Calob Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengaku dengan dideklarasikannya dukungan dari PAN ini menambah optimisme menghadapi Pilkada 9 Desember mendatang. Dengan bersatunya parpol mengusung pasangan yang sama, maka pasangan terpilih akan bisa langsung bekerja mewujudkan apa yang menjadi visi dan misinya.

"Jadi (ketika terpilih nanti) sudah tidak berfikir pada hal-hal lain. Bisa langsung fokus. Ini adalah bentuk kekuatan terbesar dari partai politik. Kami sampaikan terimakasih kepada PAN dan seluruh Parpol, Insya Alloh amanah ini akan kami pegang sekuat-kuatnya," terang Arif Sugiyanto.


Dengan dideklarasikannya dukungan dan PAN ini, pasangan Arif-Rista telah mengantongi dukungan dari hampir seluruh parpol di Kebumen. Meski baru 3 parpol yang secara terbuka melakukan deklarasi yakni PDIP, Golkar, dan PAN, namun rekomendasi resmi telah dikantongi Arif dari dari sejumlah Parpol. Diantaranya PDI Perjuangan, Partai Golkar, PAN, PKB, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat.

Deklarasi dukungan PAN kepada Arif Rista digelar di ballroom salah satu rumah makan di Sruweng, dihadiri sejumlah petinggi Parpol di Kebumen. Turut hadir anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Fraksi PAN Amin Makhsum dan Fraksi PDI Perjuangan Saiful Hadi, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Kebumen, relawan "Sedulur Hasto", serta organisasi-organisasi sayap PAN.