Distapang Kebumen Bentuk Tim Monitoring Hewan Kurban, Apa Tugasnya?


KEBUMEN (SeputarKebumen) - Sejumlah persiapan tengah dilakukan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen menjelang datangnya hari raya Idul Adha. Seperti diketahui, perayaan Idul Adha tahun ini akan sangat berbeda dengan perayaan tahun sebelumnya akibat adanya pandemi Covid-19.

Disampaikan Kepala Distapang Tri Haryono melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Ika Rahmawati, selain terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kebumen terkait pelaksanaan penyembelihan hewan dengan protokol kesehatan, pihaknya juga membentuk tim monitoring. Tim ini beranggotakan 30 orang yang bertugas untuk memastikan hewan yang akan dijadikan kurban berada dalam kondisi sehat dan memenuhi syarat.

"Dipimpin oleh kepala dinas, anggotanya kami dari struktural dinas pertanian dan pangan, juga kami melibatkan para dokter hewan di puskeswan," terang Ika Rahmawati.

Lebih lanjut dikatakannya, tim ini akan bekerja efektif sejak 20 Juli hingga 3 Agustus 2020. Pemeriksaan yang dilakukan mencakup pemeriksaan hewan sebelum disembelih (Ante Mortem) hingga Post Mortem. Post Mortem sendiri yakni pemeriksaan kesehatan daging hewan setelah hewan disembelih meliputi kepala, jeroan, dan karkas.

"Mulai Senin (30/7/2020) kami bersama tim memantau ke seluruh kecamatan terkait pengawasan dan pemantauan hewan kurban ini. Nah mulai tanggal 31 Juli hingga 3 Agustus kami akan memantau langsung penyembelihannya. Di hari pertama kemarin kami sudah memeriksa 1.400 ekor sapi, dan 2.300 ekor kambing," papar Ika lagi.

Dengan segala upaya ini, ia berharap semua calon hewan kurban dapat terpantau kesehatannya sehingga daging kurban yang akan dikonsumsi masyarakat adalah daging yang aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH).
(pF)