Dari Dana Pribadi, Wakil Bupati Berkurban 15 Ekor Sapi


KEBUMEN, (SeputarKebumen) - Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto pada Idul Adha 1441 H tahun 2020 ini berkurban sebanyak 15 ekor sapi. Hewan kurban ini didistribusikan kepada sejumlah pihak untuk disembelih dan didistribusikan. Penyerahan hewan kurban secara simbolis dilaksanakan di halaman Rumah Dinas Wakil Bupati Kebumen. Kamis, (30/07/2020).

Arif menyebutkan, sasaran distribusi hewan kurban tersebut antara lain Masjid Agung Kauman Kebumen, Rumah Tahanan Kelas II B Kebumen, Pesantren Tathmainul Qulub Tamanwinangin, Rumah Dinas Wabup, serta beberapa pihak lain.

"Pada tahun ini kami berkurban ada 15 ekor sapi yang kami serahkan ke beberapa tempat salah satunya kami salurkan ke Lembaga Pemasyarakatan Kebumen. Semoga ini bermanfaat," sebutnya.

Dimasa pandemi Covid-19 ini, Arif memastikan hewan korban yang terdistribusi tersebut terbebas dari penyakit. Terinformasi, tahun ini jumlah hewan korban yang diberikan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, dimana tahun lalu berjumlah 14 sapi. 

"Kami membeli dengan dana pribadi. Tidak ada anggaran negara yang terpakai untuk ini, dan tentunya sudah kami cek kondisinya, sudah ada surat sehat dari dinas terkait," jelasnya.

Ia juga meminta kepada panitia maupun pengurus-pengurus masjid agar membeli hewan kurban dalam kondisi sehat serta telah mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) agar terhindar dari penyakit apapun, terlebih penyakit yang bisa menular ke manusia.

Selain itu, Arif juga menghimbau pada pelaksanaan sholat ied maupun prosesi pemotongan hewan agar tetap memperhatikan protokol kesehatan, mengingat jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kebumen menunjukan tren peningkatan.

"Patut diperhatikan dan tidak dilupakan mengenai protokol kesehatan pada Idul Adha tahun ini karena Kebumen secara grafik meningkat dan bisa disebut terjadi gelombang kedua," terangnya.

Sementara, Ketua Bidang Kemasjidan, Yayasan Masjid Agung Kauman Kebumen KH Moh Dawamuddin Masdar menyampaikan, Hari Raya Idul Adha adalah momentum untuk memupuk hubungan vertikal dan horisontal dalam arti mendekatkan hubungan kepada Tuhan dan kepada manusia. 

"Idul Adha ini kan salah satu ibadah yang memiliki dampak sosial. Disamping ibadah mahdloh juga ada sisi keutamaan lain," terangnya.

Dijelaskan, Idul Adha tahun ini Masjid Agung Kauman tetap menggelar sholat ied dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Sementara, untuk pemotongan hewan kurban akan dipusatkan di satu tempat pemotongan hewan.

"Sesuai rapat takmir kemarin yang motong dari takmir tapi rumah pemotongan hewan di Kalirejo. Langsung digarap disana jadi ketika selesai tinggal di distribusikan. Kami ada 3 ekor sapi kalau digarap sendiri pasti akan melibatkan banyak sekali orang," jelasnya. (Hfd/pF)