Tim SAR Temukan Jasad Pemancing Asal Magelang Yang Terbawa Ombak Pantai Selatan Kebumen


AYAH (SeputarKebumen.com) Pencarian oleh Tim SAR Gabungan terhadap pemacing asal Magelang yang terseret ombak di pantai Pasir, Ayah membuahkan hasil. Memasuki hari ke empat, akhirnya Tim SAR Gabungan berhasil temukan pemancing yang terjatuh di Karanggesing Pantai Pasir Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah Pada Kamis (18/6/2020) pukul 08:15 WIB dalam keadaan meninggal dunia.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan, pertama kali korban ditemukan oleh salah anggota SAR Jetis. Temuan ini kemudian dilaporkan ke anggota Basarnas yang masih melakukan pencarian di area Pantai Pasir.

"Setelah mengetahui berita tersebut kemudian kami langsung berangkat untuk evakuasi dengan menggunakan perahu Jukung Katir lewat pantai Logending Kabupaten Kebumen," terang Nyoman.

Korban di temukan 12 Nouticel Mil sebelah barat daya TKP tepatnya daerah Perairan Karangpakis Trajon Jatiamba Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap.

"Jasad korban sudah di bawa ke RSUD Kebumen. Setelah di temukannya korban, secara resmi Operasi SAR ditutup dan semua unsur langsung di kembalikan ke kesatuanya masing-masing," lanjut Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemancing bernama Nugroho (51) warga Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang dilaporkan hilang tersapu ombak di tanjung Karang Jengking, Pantai Pasir, Kecamatan Ayah Kebumen, pada hari Senin 15 Juni 2020, sekira pukul 17:15 WIB.

Informasi yang berhasil dihimpun, korban bersama dengan satu temannya Indarto (47) pada Senin (15/6/2020) sekira pukul 09:00 WIB berangkat dari Kabupaten Magelang untuk memancing di Tanjung Karang Penganten Karang Jengking Desa Pasir Kecamatan Ayah Kebumen. Sekitar pukul 16:30 WIB keduanya terhempas ombak besar karena terlalu dekat dengan bibir pantai. Pada saat itu korban Nugroho tidak bisa menyelamatkan diri, sedang Indarto berhasil selamat.

Unsur SAR Gabungan yang telah melakukan pencarian selama empat hari ini terdiri dari Basarnas kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Polsek Ayah, Koramil Ayah, Pos AL Logending, Satpol Airud Polres Kebumen, BPBD Kebumen, SAR Lawet Perkasa, Tagana Kebumen, Banser Kebumen, Gertak's, MTA Kebumen, SAR Elang Perkasa, Cilacap Rescue, Ubaloka, SAR Tunas Kelapa, Serayu Rescue Banyumas, SAR Logending, nelayan sekitar dan keluarga korban. (pF)