Sering Berinteraksi Dengan Pembeli Dari Luar Daerah, Karyawan Peternakan Ayam Jalani Rapid Test


PEJAGOAN (SeputarKebumen) Puskesmas Pejagoan sebagai perpanjangan tangan dari Gugus Tugas Covid-19 Kebumen, Kamis (25/6/2020) melakukan Rapid Test kepada karyawan peternakan ayam "New Assa" di Desa Karangpoh, Pejagoan. 

Pengelola peternakan "New Assa" Adi Pandoyo menanggapi positif adanya Rapid Test bagi karyawannya. Dikatakan Adi yang juga mantan Sekda Kebumen, setiap kali panen, karyawannya diharuskan berinteraksi dengan orang-orang dari luar wilayah Kebumen. Hal ini karena pembeli ayam di peternakan ayam New Assa berasal dari berbagai penjuru pulau Jawa.

"Pada saat panen kami bersentuhan dengan banyak orang dari luar Kebumen, seperti dari Banyumas, Wonosobo bahkan Jawa Timur dan Jawa Barat yang ambil ayam disini," jelas Adi Pandoyo.

Dari 19 karyawan yang diuji Rapid, kesemuanya menunjukkan hasil non reaktif. Atas hal ini Adi Pandoyo mengaku tenang sembari menambahkan, selama ini pihaknya telah melakukan ikhtiar dengan penerapan protokol kesehatan di semua sisi pengelolaan peternakan. Seperti pewajiban penggunaan masker dan penyemprotan disinfektan kepada siapapun yang memasuki area peternakan.

"Alhamdulilah semua karyawan peternakan ayam New Assa betul-betul bersih. Ini penting ya, karena peternakan ayam di Kebumen ini cukup banyak sehingga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan di peternakan ayam bisa saja menjadi problem bagi masyarakat maupun pemerintah daerah," lanjut Adi Pandoyo.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Pejagoan Timbul Pranoto mengatakan, pelaksanaan Rapid test bagi karyawan peternakan ini sendiri dilakukan untuk memberikan kepastian keamanan bagi masyarakat dalam beraktifitas.

"Ini program baru ya, jadi sesuai instruksi Kepala Dinkes Kebumen, saat kami mengarah ke sub cluster, salah satunya di peternakan ini," terang Timbul di sela-sela acara.

Lebih lanjut Timbul mengungkapkan, secara umum wilayah kecamatan Pejagoan sudah masuk kategori zona hijau. Sebelumnya, pihaknya telah melakukan Rapid Test Massal di sub-cluster seperti masjid-masjid dan panti asuhan.

"Kemarin ada juga yang reaktif, hari ini rencananya akan diambil Swab semoga hasilnya negatif. Yang 2 orang positif asal Pejagoan juga sudah dinyatakan sembuh, jadi sudah zona hijau," ungkap Timbul Pranoto.