5 ASN Pemkab Kebumen Reaktif Rapid Test Covid-19

KEBUMEN (SeputarKebumen.com) Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas Covid-19, Senin (22/6/2020) menggelar Rapid test masal  bagi PNS/ASN dan pegawai di lingkungan pemkab termasuk PTT dan THL. Pemeriksaan digelar secara marathon sejak pukul 07:30 WIB di Aula Gedung Setda Kebumen. 

Ketua Gugus Tugas Covid-19 sekaligus Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengatakan, pihaknya menyediakan sebanyak 3.150 alat Rapid. Adapun data hingga pukul 13:30 WIB, terdapat 5 orang dengan hasil Rapid Reaktif.

"Terinformasi ada 5 yang hasilnya reaktif. Nanti akan kita tindaklanjuti dengan SWAB, mudah-mudahan hasilnya negatif," terang Bupati.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, pihaknya akan menghubungi yang bersangkutan melalui nomor ponsel yang dicantumkan peserta saat pendaftaran. Selanjutnya, sembari menunggu uji SWAB, ASN tersebut akan menjalani karantina.

"Nanti akan kami tanyakan apa mau karantina mandiri atau karantina di rumah sakit. Tapi belum boleh ke kantor dulu (sebelum hasil SWAB keluar)," lanjut Yazid Mahfudz


Pelaksanaan Rapid Test masal bagi PNS/ASN ini dilaksanakan Senin (22/6/2020) sejak pagi hingga siang dengan penjadwalan menurut OPD masing-masing. Dimulai dari ASN di lingkungan Setda dan Dinas Pendidikan pukul 07:30 WIB dan OPD yang mendapat alokasi waktu terakhir yakni Satpol PP di pukul 12:30 WIB.

Berbeda dengan uji rapid sebelumnya yang menandai peserta dengan gelang, ASN yang telah menjalani uji rapid ditandai dengan tinta celup seperti layaknya pemilihan umum. (pF)