Rangkaian HPN 2024, PWI Kebumen Gelar Mobile Legends Championship Season 1


Ratusan peserta dari berbgai daerah mengikuti turnamen Electronic Sport (E-Sport) bertajuk Mobile Legends PWI Kebumen Championship Season 1 di Mexolie Hotel.(ft SK/IST
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Ratusan peserta dari berbgai daerah mengikuti turnamen Electronic Sport (E-Sport) bertajuk Mobile Legends PWI Kebumen Championship Season 1. Tak hanya dari Kabupaten Kebumen, turnamen yang sedang digandrungi anak muda ini pun diikuti peserta dari luar kota, seperti Magelang, Purworejo, Banyumas, Cilacap hingga Pekalongan.

Berlangsung di Ballroom Mexolie Hotel Kebumen, Minggu 3 Maret 2024, turnamen E-Sport yang digelar masih dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 dibuka oleh Sekda Kebumen Edi Rianto. Hadir pula dalam pembukaan turnamen, Kepala Diskominfo Sukamto, Asisten 2 Frans Haidar dan Ketua PWI Kebumen, Ondo Suprianto.

Sekda Kebumen menyambut baik adanya gelaran turnamen e-sport tersebut. Menurutnya untuk turnamen e-sport di Kabupaten Kebumen sendiri masih minim, sehingga langakah PWI dalam menggelar event ini dinilai cukup cerdas. Selain untuk  ajang menyalurkan bakat anak-anak muda di bidang e-sport, ini juga seabagai barometer untuk Kabupaten Kebumen khususnya di Bidang e-sport.

"Ini langkah cerdas yang diambil sari teman-teman PWI, karena turnamen e-sport resmi di kebumen masih sangat minim, ini juga bisa sebagau barometer kebumen khususnya di bidang esport," Kat Edi Rianto.

Edi menambahkan secara nasional e-sport sudah masuk event olahraga resmi. Untuk itu kedepan pemkab Kebumen kedepan juga akan menggelar event esport resmi secara berjenjang mulai dari tingkat pelajar.

"Ini sudah diawali oleh PWI, kedapan mungkin pemkab akan juga mengadakan turnamen secara resmi dan tentunya secara trstruktur dan berjenjang mulai dari jenjang pelajar," lanjutnya.

Sementara itu Ketua Panitia HPN 2024, Moch Hafied Abbul Aziz mengatakan turnamen e-sport baru kali ini digelar pada rangkaian HPN. Meski demikian, peserta datang dari berbagai daerah hingga luar Kabupaten Kebumen.

"Ini baru bertama kali digelar oleh PWI Kebumen dalam rangkaian HPN, ternyata antusiasnya luar biasa bahkan kita sampai nolak peserta karena kita batasi 32 slot tim," Kat Hafied.

Dijelaskan Hafied, dipilihnya turnamen esport dalam rangkaian HPN karena melihat banyaknya kawula muda di Kebumen yang sangat menggandrungi dunia esport, bahkan Indonesia sendiri menempati peringkat 12 pangsa pasar e-sport dunia. Untuk itu kegiatan ini daharakan bisa sebagai pemantik agar e-sport di  Kebumen bisa terus berkembang.

"Melihat antusias peserta, semoga ini jadi langkah awal yang baik untuk esport kebumen dan kita harap bisa terus mengagendakan untuk season-season berikutnya," pungkasnya.(*)