Jemput Keberkahan Ramadhan, Alumni Pasca Sarjana IAINU Kebumen Gelar Buka Bersama Santri dan Bagikan Sembako


Alumni Pascasarjana Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen saat menggelar buka puasa bersama di Pondok Pesantren Darul Qur’an Desa Surotrunan, Kecamatan Alian.(ft sk/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Alumni Pascasarjana Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen menggelar buka puasa bersama, sekaligus memberikan bantuan sembako di Pondok Pesantren Darul Qur’an Desa Surotrunan, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Sabtu (30/3/2024).

Acara ini dihadiri oleh Keluarga Pondok Pesantren Darul Qur’an serta para pengurus, alumni pascasarjana IAINU Kebumen, PAC GP Ansor Alian, PAC IPNU-IPPNU Alian, Pengurus Ranting GP Ansor Desa Surotrunan, Ranting NU Desa Surotrunan serta tamu undangan.

Buka bersama dan bantuan sembako ini dilakukan dalam rangka mempererat silaturahmi dan menjemput keberkahan Ramadan 1445 H bersama santri Tahfidz Pondok Pesantren Darul Qur’an Desa Surotrunan, Kecamatan Alian.

Gus Faiz, dalam sambutannya mewakili dari Pondok Pesantren Darul Qur’an, mengatakan buka puasa bersama dan bagi sembako oleh Alumni Pascasarjana Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen semoga menjadikan nilai keberkahan dan kemanfaatan untuk para santri.

Ketua kelas alumni Pascasarjana Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen lulusan tahun 2023 Mas Gunadi, S.Pd. M.Pd. mengatakan, kegiatan ini merupakan niat baik untuk bersilaturahmi.

"Sebetulnya direncanakan sejak november kemarin, tetapi kami tunda setelah pemilu 2024, harapan kita di era modern ini,  orang tua untuk berpikir solutif dalam mempersiapkan pendidikan anaknya. Pasalnya, zaman sekarang menuntut manusia untuk bergerak cepat, begitu pula dengan ilmu pengetahuan. Sebagai solusi keseimbangan antara ilmu dunia dan akhirat, pesantren tahfidz sebagai solusi”., ujar Gunadi.

Ketua panitia kegiatan M Amin Fitriyadi, S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh alumni pascasarjana IAINU Kebumen lulusan tahun 2023 yang tercatat ada 35 orang alumni Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Islam pada kelas A yaitu kelas kami.

''Alhamdulillah ada 100 santri tahfidz yang mengikuti kegiatan ini. Ini merupakan kegiatan pertama kali yang diadakan oleh alumni pascasarjana IAINU Kebumen bersama santri tahfidz, perlu diketahui bahwa Pondok Pesantren tahfidz merupakan sebuah sistem pendidikan berbasis keagamaan dengan tujuan membentuk santri yang berakhlak mulia, mandiri, dan memiliki kemampuan menghafal Alquran. Prioritas utama dalam pesantren tahfidz adalah menanamkan pendidikan akhlak terpuji, pendidikan kemandirian, dan pengembangan potensi, serta semoga menjadikan pribadi yang insan kamil.” Ujarnya.

Pondok Pesantren tahfidz adalah solusi yang tepat untuk pendidikan anak. Karena dengan mengajarkan Alquran kepada anak sejak dini, mereka akan menjadi lebih dekat dan cinta dengan kitab suci dan Tuhannya. 

Harapan kami dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan semangat para santri dalam menghafal Al-Qur’an dan memberikan mereka pengalaman Ramadhan yang berkesan.(*)