Bahagianya Mbah Tursiah,Dibulan Penuh Berkah terima Batuan Bedah Rumah Komunitas Sedulur Kebumen


Bupati Kebumen H.Arif sugiyanto didampingi perwakilan komunitas Sedulur Kebumen Santoso Budiawan dan Henky Halim saat menyerahkan bantuan kepada Mbah Tursiah.(ft sk/ist)
AMBAL, (seputarkebumen.com)- Bulan Suci Ramadhan 1445 H menjadi berkah tersendiri bagi keluarga tidak mampu warga desa Ambarkliwonan Rt 01 Rw 02 kecamatan Ambal. Adalah Mbah Tursiah yang menerima bantuan bedah rumah dari komunitas Sedulur Kebumen.


Bantuan uang tunai sebesar Rp 21 juta yang diserahkan langsung oleh Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH MH didampingi Santoso Budiawan perwakilan dari komunitas Sedulur Kebumen kepada Mbah Tursiah sabtu 29/03/2024.


Alhamdulillah kami bersama Forkopimda hadir memberikan bantuan dengan dibantu oleh komunitas Sedulur Kebumen yang disesepuih oleh Pak Sugeng Budiawan melalui mas Santoso dan rekan-rekan sore ini bisa memberikan bantuan uang tunai 21 juta untuk merehab rumah mbah Tursiah, smoga pas dibulan penuh berkah ini apa yang disumbangkan rekan-rekan yang tergabung di sedulur Kebumen menjadikan suatu amal ibadah dan keberkahan bagi keluarga Mbah Tursiah,” ujar Bupati Arif Sugiyanto.


Bupati sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang diinisiasi oleh Komunitas Sedulur Kebumen tersebut. Khususnya dalam hal membebaskan RTLH di Kabupaten Kebumen.


Senada, Santoso Budiawan mewakili dari komunitas Sedulur Kebumen menambahkan bahwa kondisi rumah Mbah Tursiah sudah membahayakan. Setelah mendapat informasi dari warga pihaknya langsung menggalang dana via grup WA Sedulur Kebumen. Dalam dua hari pihaknya menghimpun dana dari anggota Sedulur Kebumen baik yang ada di Kebumen maupun luar kota.


“Sesuai dengan kebutuhan, pihaknya membantu uang tunai Rp 21 juta ditambah dengan keramik yang merupakan bantuan dari Pabrik Keramik Arwana,” ujar Santoso Budiawan seraya berharap kehidupan Mbah Tursiah beserta anak cucunya ke depan lebih nyaman.


“Ini adalah bedah rumah ke 44 dan kedepan kita akan lanjut terus. Selama Kebumen masih ada rumah yang tidak layak huni, karena saya juga warga Kebumen, maka saya dan Sedulur Kebumen termasuk yang tinggal di luar kota akan terus peduli. Semoga ke depan Kebumen bebas dari rumah yang mau ambruk,” ujarnya.


Kades Ambal Kliwonan, Wahidin, menambahkan rumah milik Tursiyah sebelumnya roboh karena diterjang angin kencang dan hujan deras beberapa waktu lalu.


"Kemarin kita perbaiki seadanya dulu dengan  kita belikan plastik untuk mencegah hujan ," tutur Wahidin.


Mbah Tursiyah merupakan keluarga kategori miskin, dia tinggal bersama anak perempuan dan cucu-cucunya yang merupakan anak yatim.


Sementara itu, Mbah Tursiah mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kebumen dan Sedulur Kebumen yang telah membantu membedah rumah miliknya. Dia bersyukur melalui bantuan tersebut, dirinya memiliki harapan menampati rumah yang layak huni.


"Kulo ngaturaken Maturnuwun kagem pak Bupati,lan sedoyo ingkang sampun nyumbang,mugi-mugi sedoyo diparingi keberkahan ramadhan,sehat lan diparingi rejeki ingkang berkah melimpah,Pungkas Mbah Tursiah.(*)