Apresiasi Ketua PDM dan PCNU, Kabupaten Kebumen bisa Raih Adipura


 Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kebumen Puji Handoko.(foto istimewa)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kebumen Puji Handoko mengucapkan selamat kepada Pemerintah Daerah atas kinerjanya mendapatkan anugerah Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Menurutnya, ini merupakan capaian luar biasa yang patut diapresiasi. Pasalnya, tak semua kabupaten/kota bisa mendapatkan anugerah itu karena tidak mudah. Butuh perjuangan dan kerja keras semua pihak, tidak hanya pemerintah, tapi juga dukungan masyarakat.

"Kebumen saja untuk bisa mendapat Adipura butuh waktu 27 tahun penantian. Tentu ini tidak mudah, dan kita selaku masyarakat patut bersyukur dan menyambut dengan baik, bahwa apa yang selama ini diupayakan oleh Pemerintah Daerah bisa terwujud," ujarnya, Rabu (6/4).

Puji sendiri mengaku ikut bangga dengan penghargaan Adipura itu. Ia berharap dengan penghargaan ini bisa menumbuhkan kesadaran bagi semua untuk menjalani gaya hidup yang bersih dan sehat, dan mampu menjadi manusia yang lebih baik lagi.

"Saya atas nama Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen mewakili warga Muhammadiyah sekali lagi mengucapkan selamat. Kita semua ikut berbangga. Besar harapan kami penghargaan ini bisa memicu kita menjalani hidup yang bersih dan sehat," ucapnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kebumen KH. Dawamudin Masdar juga menyampaikan selamat kepada Pemerintah Daerah atas pencapaian Adipura. Ia melihat, Kebumen di bawah kepemimpinan Bupati Arif Sugiyanto semakin maju, dan modern.

"Kami dari PCNU Kebumen turut berbangga dan mengucapkan selamat atas pencapaian luar biasa dari Pemerintah Daerah berupa anugerah Adipura. Sebuah penghargaan yang sudah lama kita nantikan bersama, alhamdulillah sudah di tangan," ujar Kiai Dawam.

Menurutnya, banyaknya penghargaan yang diraih oleh Pemerintah Daerah, tidak lepas dari sikap dan komitmen seorang Kepala Daerah yang mau bekerja sungguh-sungguh membawa perbaikan dan kemajuan untuk daerahnya. 

"Adipura ini menambah daftar penghargaan yang berhasil diraih Pemerintah Daerah. Saya kira penghargaan ini sulit terwujud kalau seorang Kepala Daerah tidak punya visi serta target yang ingin diraih," ucapnya.

Kiai Dawam berharap, Pemerintah Daerah bisa terus meningkatkan kinerjanya, agar anugrah Adipura bisa dipertahankan pada tahun-tahun selanjutnya.  "Saya yakin Insya Allah, pemerintah daerah bisa kembali mendapatkannya, kuncinya tingkatkan kinerja," jelasnya.

Diketahui Kebumen berhasil meraih Adipura. Anugerah itu diberikan olek KLHK kepada Bupati Arif Sugiyanto di Auditorium Soejarwo, Gedung Manggala Bakti, Jakarta Pusat, pada Selasa 5 Maret 2024.

Adipura sendiri merupakan sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. 

Program Adipura bertujuan untuk mendorong kepemimpinan dan komitmen pemerintah kabupaten/kota serta membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk berperan menselaraskan pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik.(*)