Puluhan Tahun Dinanti, Pengadilan Negeri Kebumen Resmikan Masjid Baitul Adli Al-Hidayah


Peresmian Masjid dengan nama Baitul Adli Al Hidayah di komplek Pengadilan Negeri Kebumen.(ft sk/ist)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Staf dan Karyawan Pengadilan Negeri (PN) Kebumen, tengah berbahagia. Pasalnya, setelah menanti lebih 38 tahun, akhirnya memiliki masjid sendiri. Masjid dengan nama Baitul Adli Al Hidayah diresmikan langsung Ketua Pengadilan Negeri Kebumen Dr. Etik Purwaningsih S.H., M.H, Jumat (23/2/2024).

Menurut sejarahnya, Pengadilan Negeri Kebumen menempati sebuah gedung yang berada di Kompleks Perkantoran Pemda Kabupaten Kebumen, kini dipergunakan sebagai Aula Sekretariat Daerah di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen.

Selanjutnya sejak tanggal 20 Februari 1986, Kantor PN Kebumen telah berpindah ke gedung baru yang terletak di Jalan Indrakila Nomor 15, Kelurahan Panjer yang dipergunakan hingga sekarang. 

Dalam sambutannya Dr. Etik Purwaningsih menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh staf dan karyawan serta para pensiunan PN Kebumen yang ikut membantu berdirinya Masjid Baitul Adli Al-Hidayah.

"Dengan keberadaan masjid ini Insya Alloh akan membawa sifat spiritual yang tinggi,  maka integritas kita akan terjamin. Dengan tingkat spiritual yang tinggi, dekat dengan Alloh akan menjadi pengendali nafsu kita," kata Etik didepan para staf dan karyawan saat peresmian masjid, Jumat (23/2/2024).

Dikatakan Etik, para mantan ketua-ketua PN Kebumen terdahulu juga banyak yang memberikan sumbangsih pembangunan masjid seluas 6x8 meter ini. Masjid berdiri di area dalam kantor PN Kebumen sebelah timur yang tadinya hanya berupa sebuah gudang yang tak berfungsi.

"Kalau kita ingat akan Tuhan kita, maka kita akan teringat apa yang akan kita lakukan. Insya Alloh kita akan lebih baik lagi di masa yang akan datang," ucap Etik melanjutkan.

Etik berharap dengan berdirinya bangunan mesjid yang cukup refresentatif di area Kantor PN Kebumen ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk beribadah para staf dan karyawan, seraya berharap nantinya keberadaan masjid ini bisa digunakan untuk beribadah Sholat Jumat.

"Terima kasih kepada semua staf dan juga karyawan serta hamba Alloh yang tak mau disebutkan namanya, yang telah ikut membantu untuk pembangunan masjid ini. Semoga kedepan biar makin sinergi bisa digunakan untuk sholat Jumat bareng karyawan Pengadilan Agama njeh," harap Etik diamini Ketua PA Kebumen.

Sementara itu, Adi Pandoyo senior Ketua PN Kebumen di Ilmu Hukum UII Yogyakarta yang turut hadir di peresmian masjid Baitul Adli Al-Hidayah mengatakan semangat dalam membangun masjid harus sama dalam memakmurkannya. Sehingga kehadirannya akan membawa berkah bagi staf, karyawan dan warga sekitar masjid.

"Insya Allah dengan berdirinya Masjid Baitul Adli Al-Hidayah di lingkungan Pengadilan Negeri Kebumen akan semakin berkah," ucapnya singkat.(*)