Kunjungan Kerja di Kebumen,Pj Gubernur Jateng Komjen Pol (Purn)Nana Sudjana Berikan Bantun Rp107 Miliar


Penjabat Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana saat memberikan bantuan sembako kepada salah satu warga Kebumen.(ft sk/ist
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Penjabat Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana melaksanakan kunjungan kerja ke kabupaten Kebumen, Senin 26 Februari 2024. Ini adalah kunjungan pertama kalinya bagi Nana Sudjana ke Kebumen setelah dirinya menjabat Pj Gubernur menggantikan Ganjar Pranowo.

Kedatangan Nana bersama pejabat Pemrov disambut hangat oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih beserta jajaran Forkopimda di Pendopo Kabumian. Acara kunjungan kerja dan silaturahmi tersebut turut dihadiri pimpinan OPD, para Camat, Kepala D dan Lurah, serta pimpinan organisasi Islam seperti NU dan Muhammadiyah serta MUI. 

Nana mengatakan, kedatangannya ke Kebumen tidak lain untuk silaturahmi dengan para pejabat pemerintah daerah dan masyarakatnya. Sekaligus untuk meningkatkan koordinasi antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Daerah dalam hal penyelesaian program prioritas pemerintah.

"Pertama tentu kita ingin silaturahmi, karena jujur baru pertama kali saya menginjakan kaki ke Kebumen. Sebagai Pj Gubernur tentu kita perlu untuk mengunjungi wilayah  yang masuk dalam kewenangan kita. Ini juga untuk meningkatkan koordinasi dalam hal pelaksanaan program kerja," ujarnya.

Menurutnya, untuk membangun sebuah wilayah perlu kerjasama antara pemerintah daerah dengan provinsi dan pusat. Terutama dalam hal penyelesaian program prioritas pemerintah seperti pengentasan kemiskinan, pengendalian inflasi,  pendidikan dan lain sebagainya. Pemprov kata Nana, turut serta memberikan bantuan ke kabupaten/kota.

Di Kebumen sendiri, pihaknya mengatakan, telah memberikan bantuan senilai Rp107 Miliar lebih. Jumlah yang cukup besar. Bantuan secara simbolik diberikan Nana kepada pimpinan OPD terkait. Antara lain bantuan untuk bidang pendidikan, kesehatan, bantuan untuk desa, RTLH, bansos beras, listrik gratis dan lain sebagainnya.

"Bantuan ini kita berikan dalam rangka untuk menekan inflansi, sekaligus upaya kami untuk mengurangi angka kemiskinan di Kebumen agar masyarakat semakin sejahetara. Jumlah yang kita berikan cukup besar total Rp107 Miliar," ucapnya.

Tehadap bantuan tersebut, Nana minta agar digunakan tepat sasaran, sesuai target penerimanya, serta bisa dipertanggungjawabkan. "Artinya ini saya minta jangan sampai disalahgunakan, harus bisa dipertanggungjawabkan," ucap Gubernur.

Selain itu, Nana mengatakan, kedatangannya ke Kebumen juga untuk memastikan kondisi wilayah di Kebumen aman dan kondusif pasca pelaksanaan Pemilu. Ia meminta kepada semua pihak untuk bisa menjaga situasi yang kondisif di masyarakat agar tetap tetap aman dan damai.

Sementara itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan perhatian Pemprov Jateng untuk Kebumen. Dengan adanya bantuan tersebut sangat membantu Pemerintah Daerah dalam membangun. 

"Terima kasih tentunya kita sampaikan kepada Bapak Gubernur sudah mau rawuh ke Kebumen dengan membawa banyak sekali bantuan untuk masyarakat.  Ratusan miliar. Ini luar biasa sekali, bisa membantu untuk penguatan program Pemerintah Daerah," ujar Bupati.

Bupati mengakui, Kebumen masih mempunyai banyak tantangan. Karenanya untuk menyelesaikan ini butuh kolaborasi dengan semua pihak, termasuk dukungan dari Pemprov. "Kenapa kita masih yang termiskin, mungkin karena masyarakat kita terlalu andap asor, jadi kalau ditanya yang survei, makannya setiap hari sama apa? Dijawab tahu tempe, dagingnya tidak disebut" ucapnya.

Selain menyampaikan sejumlah potensi dan sumber daya alam di Kebumen yang melimpah, termasuk Geopark Kebumen yang tengah diusulkan masuk Unesco Global Geopark. Bupati juga menyampaikan situasi di Kebumen sebelum dan setelah Pilpres 2024 dalam suasana aman, damai dan terkendali. 

"Alhamdulillah di Kebumen Pemilu berlangsung dengan aman, lancar dan damai, tidak ada keributan dan kericuhan. Masyarakat melaksanakan pesta demokrasi dengan suka cita," tandasnya.

Berikut Bantuan dari Pemrov Jateng yang diserahkan oleh Pj Gubernur Nana Sudjana kepada Pemerintah Kabupaten  Kebumen total senilai Rp. 107.772.144.000.(*)