Kecelakaan Beruntun di Selang, Seorang Pengendara Sepeda Motor Meninggal


Proses evakuasi kendaraan yang terlibat  kecelakaan beruntun disimpang tiga Pasar Selang Kabupaten Kebumen.(ft SK/IST) 
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)-Kecelakaan beruntun terjadi di simpang tiga Pasar Selang Kabupaten Kebumen pada Rabu (7/2/2024).

Kecelakaan ini melibatkan 5 kendaraan yakni 2 truk, 2 motor dan 1 mobil. Pengendara motor tewas ditempat lantaran tertimpa truk bermuatan oli.

Saat ditemui di lokasi kejadian, Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Koyim Maturorrohman menjelaskan detik-detik kecelakaan beruntun yang memakan korban jiwa ini.

Kejadian bermula saat pada Rabu (7/2/2024) sekira pukul 15.00 WIB, saat itu kondisi jalan Hasyim As'ari Kebumen sedang ramai kendaraan. 2 truk dari arah yang sama yakni dari Purworejo menuju Kebumen bersenggolan.

"Setelah bersenggolan, truk yang berkuatan oli ini oleng ke sebelah kiri,  Kebetulan di sebelah kiri ada dua motor dan 1 mobil," kata AKP Koyim.

Truk bermuatan oli kemudian menimpa 2 kendaraan tersebut. Pengemudi mobil berhasil selamat, namun pengendara motor tertimpa truk yang bermuatan 20 ton dan tewas di lokasi kejadian.

"Korban tewas adalah warga Kuwarisan, Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen. Sementara itu pengendara mobil cevrolet ada 2 yakni ibu-ibu dan anaknya mengalami luka ringan," kata AKP Koyim.

Kasat Lantas menambahkan, karena muatan seberat 20 ton, proses evakuasi korban tertimpa truk memerlukan waktu yang cukup lama. Proses evakuasi berlangsung sekitar 5 jam.

Pihak kepolisian harus menggunakan 2 alat berat dan 2 truk puso untuk mengangkat truk yang melintang di jalan raya. 

"Kita tadi sudah mencoba memakai 2 alat berat tapi belum mampu, akhirnya kita minta tolong kepada 2 unit truk puso untuk menarik dengan rantai besi," ujar Kasat Lantas. 

Truk bermuatan oli dengan nomor polisi N 7742 UQ Truk tersebut dikendarai oleh warga Brebes dan saat ini masih dalam pemeriksaan unit Gakum Satlantas Polres Kebumen. 

Sementara itu Suharyanto (48) salah seorang mengatakan, truk tersebut melaju kencang dari arah timur dan hilang kendali sehingga terguling dan terseret sejauh lebih dari 5 meter. Truk tersebut akhirnya terhenti saat menabrak pembatas jalan. Diduga sebelumnya truk tersebut terlibat kejar-kejaran dengan truk lain.

"Truk gas (oli) dan truk warna hijau kejar-kejaran dari arah timur, saat hendak menyalip truk warna hijau tapi gak nyampe, truk itu trus oleng dan terjatuh dan mungkin ada korban," Kata Suharyanto. 

Dirinya mengungkapkan saat kejadian kondisi lalu lintas sedang ramai, dan banyak pengguna jalan yang tengah menyebrang. 

"Posisi jalan lagi ramai ada beberpa yang mau nyebrang tapi yang aku tahu tadi ada motor satu tadi mau lari tapi gak sempet terus ketindihan," Ungkapnya.(*)