15 Serdik Sespimmen Polri Dikreg ke-64, melakukan Penelitian di Polres Tanggerang Selatan


Kegiatan Management Training Course Level III yang diikuti peserta serdik (Serdik) Sespimmen Polri Dikreg ke-64 Tahun Anggaran 2024.(ft SK/IST)
TANGGERANG, (seputarkebumen.com)-Mendekati puncak pesta demokrasi Pilpres 2024, peserta serdik (Serdik) Sespimmen Polri Dikreg ke-64 Tahun Anggaran 2024 melaksanakan Management Training Course Level III.

Kombes Pol Budi Purwatiningsih, selaku Tim Monitoring Serdik Sespimen Polri di Polres Metro Tanggerang Kota dan dan Polres Tanggerang Selatan mengungkapkan, kegiatan kali ini dalam rangka pengamatan pengamanan pemilu di lapangan, Jumat 9 Februari 2024.

Diungkapkan Kombes Pol Budi Purwatiningsih, masing-masing Polres dikunjungi sedikitnya 15 Serdik di tiap-tiap Polres. Namun secara keseluruhan ada 265 peserta didik yang terdiri dari Polri 238 orang, TNI 24 orang, dan mancanegara 3 orang. 

Para Serdik juga dalam rangka  pengamatan lapangan tentang Organization Health Audit (OHA) dan Environmental Scanning (ES) di tingkat Kesatuan Operasional Dasar (KOD) di tingkat Polres. 

"Kami berharap, meski kegiatan dipadatkan, para peserta didik dapat menyerap ilmu dengan maksimal. Kegiatan Organization Health Audit (OHA) dan Environmental Scanning (ES) di Polres Metro Tanggerang Kota dan dan Polres Tanggerang Selatan, merupakan salah satu materi yang harus diikuti para peserta didik," jelas Kombes Pol Budi Purwatiningsih.

Lanjut Kombes Pol Budi Purwatiningsih, para Serdik diharapkan dapat mengaplikasikan Management Training Course Level III, sesuai realita di lapangan dan diimplementasikan dalam tugas-tugas sebagai manajer tingkat menengah. 

Hasil pendalaman melalui pengamatan lapangan OHA dan ES, lanjut Kombes Pol Budi Purwatiningsih, lalu akan dituangkan dalam tulisan ilmiah yang bersifat strategis dan pemecahan masalah (Problem Solving).

Kehadiran Serdik Sespimmen Polri Dikreg ke-64 T.A. 2024 beserta Pendamping Sespimen di Polres Tanggerang Selatan disambut langsung oleh Kapolres Tanggerang Selatan AKBP Ibnu Bagus Santoso.

AKBP Ibu Bagus Santoso dalam sambutannya berharap agar para Serdik bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin selama kegiatan di Polres Tanggerang Selatan. 

Kompol Bakti Kautsar Ali salah satu Serdik Sespimmen Polri Dikreg-64 mengungkapkan, ia bersama Serdik lainnya sangat terbantu dengan materi yang dipaparkan oleh Polres Tanggerang Selatan selama OHA dan ES. 

Hal ini juga sesuai tema dari Kasespimmen Sespim Lemdiklat Polri Brigjend Pol Nasri, yakni Mewujudkan Pimpinan tingkat menengah Polri, Kementrian dan Lembaga yang Presisi serta melayani untuk Indonesia maju.

"Kegiatan ini sangat penting untuk diikuti oleh seluruh Serdik, dalam penelitian merumuskan suatu kebijakan di lingkungan organisasi tingkat Polres dan memaparkan dalam bentuk laporan penugasan untuk dijadikan bahan evaluasi," kata Kompol Bakti Kautsar Ali. 

Diketahui, Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan Pelatihan Polisi Republik Indonesia atau Sespim Lemdiklat Polri adalah unsur pelaksana utama Lemdiklat Polri yang berkedudukan langsung di bawah Kalemdiklat Polri.

Berfungsi dalam menyelenggarakan Pendidikan Pelatihan Staf dan kepemimpinan tingkat tinggi, tingkat menengah, dan tingkat pertama bagi perwira Polri maupun penegak hukum lainnya. Hal ini dalam rangka menciptakan SDM yang unggul khususnya di tubuh Polri.(*)