Rumah Seorang Guru di Ambal Ludes Terbakar, PGRI Kebumen berikan Bantuan


Kondisi rumah Budiono ludes terbakar tinggal puing-ping sisa kebakaran.(ft SK/IST)
AMBAL, (seputarkebumen.com)- Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Kebumen, memberikan santunan pada satu anggotanya yang mengalami musibah kebakaran pada 1 Januari 2024 lalu. Penyerahan bantuan langsung diberikan oleh ketua PGRI cabang khusus Kemenag Kebumen  Salim Wasdi.

Adalah Budiono, 55, anggota PGRI Kebumen yang menjadi korban kebakaran. Sebelumnya, pada Senin (1/12/2023) rumahnya di Desa Sidoluhur, Kecamatan Ambal dilaporkan ludes terbakar api. Tak ada sedikit pun barang berharga yang tersisa atas peristiwa tersebut.


Diduga akibat korsleting listrik, rumah Budiono habis dilalap si jago merah. Tidak ada yang tersisa dari kejadian tersebut, perabotan hingga surat surat berharga habis terbakar, dengan kerugian ditaksir mencapai Rp 250 juta.


Usai kebakaran hebat tampak perabotan rumah tidak ada yang bisa diselamatkan, bahkan kusen pintu di setiap sudut ruangan kondisinya sampai menjadi arang.


Beruntungnya saat kejadian, pemilik rumah sedang pergi kondangan, bersama dengan keluarganya. Pemilik, baru mengetahui peristiwa naas tersebut, usai diberi tahu tetangganya, bahwa muncul kobaran api dirumahnya.


Diduga kebakaran, disebabkan oleh korsleting listrik pada kulkas, hingga kemudian menjalar dan api kian membesar membakar seiisi rumah.  Bahkan, pemadam kebakaran yang datang saat itu tidak bisa memadamkan api dengan cepat karena api telah terlalu besar.


Dari peristiwa tersebut, rekan rekan korban dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kebumen langsung mengumpulkan donasi untuk membantu meringankan beban korban. Para guru ini,  memberikan bantuan sebesar Rp 32 juta, yang diberikan langsung kepada pemilik rumah, untuk membangun kembali rumahnya pada Jum'at, 06 Januari.


Saat ini korban dan keluarganya tinggal menumpang di rumah orang tuanya. Korban berharap, bisa segera memperbaiki rumahnya yang rusak, dan mengurus surat surat berharga yang juga turut terbakar.


" Untuk sementara saya masih tinggal bersama mertua saya ya tidak jauh dari rumah sekitar 1 km dari sini, rencananya uang uang yang terkumpul untuk membangun lagi rumah yang rusak agar bisa ditempati kembali" Ungap Budiono.


Salim Wasdi mengatakan bantuan yang diberikan rekan-rekan guru adalah bentuk solidaritas sesama guru yang terkena musibah,pihaknya berharap bantuan yang diberikan bisa meringankan beban yang diderita pak Budiono sekeluarga.


" Ini rumahnya pak Budiono, ketua ranting PGRI Ambal itu kebakaran, hari ini semua cabang itu kumpul, iuran bareng-bareng sehingga terkumpul 32 jutaan kita serahkan hari ini bukan sekedar nilainya tetapi ini kepedulian, bahwa kita merasakan derita yang ditimpakan pak Budiono ini"Ungkap Salim Wasdi.


Hadir dalam kegiatan pemberian bantuan sejumlah rekan guru perwakilan dari PGRI tiap kecamatan di Kebumen.(*)