Kunjungi Ponpes Al- Kahfi Somolangu, Gibran Disambut Ribuan Santri dan Warga Nahdliyin


Calon Wakil Presiden (Capres) Nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka didampingi pengasuh ponpes Al-kahfi Somolangu KH Afifudin Chanif Al-Hasani.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Calon Wakil Presiden (Capres) Nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka melakukan kunjungan ke Ponpes Al Kahfi di Somolangu, Kebumen, Jawa Tengah. Gibran bertemu dengan pengasuh Ponpes KH Afifudin Chanif Al-Hasani, Rabu 24 Januari 2024. 

Gibran datang ke Ponpes Al Kahfi Somolangu sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangannya disambut antausias oleh Para santri dan ribuan warga Nahdliyin dalam acara yang bertema Mujahadah Keselamatan Bangsa dalam rangka menyambut harlah NU ke 101. Mereka menganggap kunjungan ini sebagai bentuk perhatian serius dari seorang calon pemimpin wakil presiden terhadap pesantren-pesantren di Indonesia.

Ponpes yang dikenal sebagai salah satu pondok pesantren tertua di Asia ini telah menjadi tuan bagi kunjungan capres-cawapres. Sebelumnya Anies Baswedan juga berkunjung ke Pesantren yang memiliki ribuan santri ini. 

Kedatangan Gibran ke Ponpes Al Kahfi ini bertujuan untuk menghadiri acara  Mujahadah Keselamatan Bangsa dalam rangka Harlah NU ke 101. 

Sebelum memberikan sambutan, Gibran sempat mendatangi stand-stand UMKM yang di produksi oleh para santri. Termasuk memborong sejumlah produk santri.

"Ini jualan apa, instagramnya apa, nanti kita bantu," tanya Gibran kepada salah satu penjual Roti. 

Gibran mengapresiasi para santri dalam berwira usaha. Dalam kunjungan ke stand UMKM santri tersebut, Gibran berkomitmen dalam mengembangkan dan mengangkat UMKM lokal. 

"Beliau berkomentar harus mendukung produk dari para santri," kata Fauziyah penjual roti yang diproduksi dari para santri. 

Fauziyah mengaku senang dengan datangnya Gibran ke Pondok Pesantren Al Kahfi Somolangu Kebumen ini. Kedatangan Gibran dianggap mampu membawa semangat anak muda. 

"Alhamdulillah senang bisa bertemu mas Gibran, tadi juga mau dipromosikan sudah ditanya instagramnya," kata Fauziyah. 

Pesantren Al Kahfi Somalangu merupakan salah satu pondok pesantren bersejarah tertua di Asia Tenggara yang masih eksis hingga saat ini, yang berada di desa Sumberadi, Kebumen, Jawa Tengah.

Pesantren ini didirikan pada 25 Sya'ban 879 H atau Rabu, 4 Januari 1475 M. Pendirinya adalah Sayid Muhammad Ishom Al-Hasani atau yang dikenal dengan nama laqob Sayid Abdul Kahfi Al-Hasani.(*)