Jalin Sinergitas Bupati Anjangsana ke Kodim, Polres, Kejaksaan dan Ponpes


Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wabup bersama seluruh jajaran Pemkab Kebumen baik pimpinan OPD, Camat dan juga perwakilan Kepala Desa melakukan kunjungan Kejaksaan Negeri Kebumen.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama seluruh jajaran Pemkab Kebumen baik pimpinan OPD, Camat dan juga perwakilan Kepala Desa melakukan kunjungan atau anjangsana ke Kodim 0709 Kebumen, Mapolres Kebumen dan Kejaksaan Negeri Kebumen.

Bupati mengatakan, kunjungan ini untuk mempererat silaturahmi antara Pemkab Kebumen dengan Forkopimda berserta jajarannya. Acara dimulai dengan berkunjung ke Kodim 0709/Kebumen, dilanjutkan ke Mapolres Kebumen, Kejaksaan Negeri Kebumen dan Ponpes Al Kahfi Somalangu.

Bupati beserta jajaran disambut hangat oleh Komandan Kodim 07/09 Letkol Czi Ardianta Purwandhana, Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho, Kepala Kejaksaan Negeri Kebumen Haedar, dan Pengasuh Ponpes Al Kahfi, KH Afifuddin Chanif Al-Hasani.

"Kunjungan ini untuk mempererat silaturahmi antar jajaran Forkopimda berserta jajarannya. Dari Pemkab Kebumen, kita ada Kepala Dinas inas, Camat, hingga perwakilan Kepala Desa. Dengan membangun sinergisitas ini, kita berharap Kebumen bisa semakin maju dan sejahtera," ujar Bupati, Senin (8/1/2024).

Bupati memandang sinergi Pemkab Kebumen dengan Kodim, Polres dan Kejaksaan sudah sangat baik. Ketiga instansi ini sama-sama konsisten mendukung program pemerintah. Misalnya Kodim dengan TTMD, dan juga tanam pisang di lahan 30 hektar untuk ketahanan pangan, serta masih banyak lain.

"Polres juga sama sigap dalam menindak berbagai kasus kejahatan di Kebumen. Kemudian gencar melaksanakan dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, seperti melaksanakan operasi kenalpot brong, di masa-masa kampanye. Demikian juga Kejaksaan berhasil meraih penghargaan dalam menangani kasus korupsi," terang Bupati.

Di tahun politik ini, Bupati mengatakan, pihaknya perlu membangun komunikasi yang baik bersama seluruh stakeholder agar ikut sama-sama menjaga pesta demokrasi ini berlangsung dalam suasana yang aman, damai, tanpa ada keributan dan perpecahan, meski pilihan politik masyarakat berbeda-beda.

"Tadi kita juga mengajak kepada TNI/Polri, Kejaksaan serta para alim ulama untuk turut serta mendamaikan dan menenangkan masyarakat. Kita tahu mendekati pencoblosan (Pemilu) suhu politik di masyarakat sudah semakin panas. Saya minta semua ikut menjaga, tidak ikut-ikut memanasi, tapi justru mendinginkan dan mendamaikan suasana," terangnya.

Baik Dandim, Kopolres dan Kajari serta Gus Afif semua sepakat dengan apa yang disampaikan Bupati, bahwa program pembangunan harus terus didukung. Adapun terkait  Pemilu 2024, semua harus sama-sama menjaga pesta demokrasi ini berjalan dengan lancar, tertib dan damai.

"Kita sepakat dengan apa yang disampaikan Bapak Bupati, bahwa Pemilu ini harus kita jaga, bagaimana masyarakat ini bisa melaksakan dengan senang dan gempira. Kita perkuat komunikasi dan konsolidasi untuk menciptakan Pemilu yang damai sentosa," ucap Kapolres Kebumen AKBP Recky.

"Pilihan politik masyarakat boleh berbeda, tapi persatuan dan kesatuan untuk NKRI itu yang paling utama," tambahnya

Gus Afif juga menyampaikan hal senada. Ia memohon dan berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar bisa menjalankan pesta demokrasi dengan gembira, tanpa ada permusuhan. Sebab, menurutnya, permusuhan dan perpecahan hanya akan merugikan semua.

"Saya mohon kepada masyarakat untuk bisa saling menahan diri, tidak terbawa emosi. Permusuhan hanya akan merugikan kita semua," tandasnya.(*)