Inilah Sosok Caleg Muda PKB DPRD Jateng yang Siap Menjadi Penyambung Lidah Rakyat


Ni'matul Azizah, Caleg PKB DPRD Provinsi Jawa Tengah Dapil 10.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Tak hanya memiliki kapasitas dan wawasan luas, komitmen untuk mengabdi kepada masyarakat serta keberanian dalam memperjuangkannya menjadi syarat mendasar yang harus dimiliki oleh seorang wakil rakyat, baik di level darah maupun pusat.

Potret tersebut tercermin dan melekat pada sosok Ni'matul Azizah, Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil 10 meliputi Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga dan Kebumen nomor urut 01.

Segudang pengalaman dan gagasan yang dimiliki perempuan kelahiran Pekalongan, 2 Februari 1985 itu dilatarbelakangi oleh rekam jejaknya yang selalu tak lepas dari persoalan kemasyarakatan, bahkan saat dirinya masih menjadi seorang pelajar.

Di usianya yang masih muda belia, ibu dari dua anak tersebut telah berkiprah menjadi Sekretaris Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPPNU) Kabupaten Pekalongan hingga kemudian dirinya dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PW IPPNU) Jawa Tengah.

Kiprahnya di organisasi mahasiswa dan kepemudaan juga terbilang cukup matang, hal itu ditandai dengan posisinya yang dipercaya menjabat sebagai Sekretaris Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Pekalongan hingga kemudian ia juga didaulat untuk menjabat sebagai Koordinator Bidang pada Pengurus Koordinator Cabang (PKC PMII) Jawa Tengah.

Perempuan yang mempunyai hobby travelling itu juga tercatat mendapat mandat sebagai Wakil Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Jawa Tengah serta Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Perempuan Bangsa (DPW PB) Jawa Tengah.

Banyaknya kiprah di bidang kemasyarakatan membuat dirinya juga dipercaya menjabat sebagai Wakil Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah.

Sementara itu, di bidang politik sendiri, dirinya didaulat menjabat sebagai Wakil Sekretaris Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Jawa Tengah periode 2021-2026. Tak berhenti sampai disitu, karirnya juga terpatri sebagai Tenaga Ahli Fraksi PKB Jawa Tengah sejak tahun 2014 silam hingga sekarang.

Kontestasi Pemilu 2024 bagi Ni'matul Azizah atau yang lebih akrab disapa Azizah, menjadi momentum tersendiri untuk melangkahkan arah perjuangan dan pengabdiannya kepada masyarakat luas secara lebih nyata. 

Ia menuturkan, banyak hajat hidup masyarakat ditentukan oleh para wakil rakyat yang menduduki parlemen. Oleh karenanya, dirinya merasa terpanggil untuk memperjuangkan hak-hak dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat melalui kursi parlemen.

"Saya harus siap menjadi pendengar yang baik. Mendengarkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat. Siap menjadi penyambung lidah masyarakat," ujar Azizah yang juga merupakan mantan jurnalis itu.

Menurutnya, banyak hal yang dapat dilakukan anggota dewan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan untuk mendorong kebijakan yang pro terhadap kepentingan masyarakat serta mencegah atau menolak kebijakan yang hanya menguntungkan pribadi, kelompok maupun golongan semata. 

"Disinilah kualitas fungsi DPRD yang meliputi fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan perlu dimaksimalkan," tegasnya. 

Azizah menambahkan, berangkat dari kebersamaan dan demi kepentingan bersama itulah, pada kontestasi Pemilu 2024 ini dirinya mengusung tagline Aktif Bekerja Untuk Bersama. Ia pun optimis, melalui niat yang baik dan tujan yang benar, masyarakat di Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen akan berkenan memberikan mandat kepadanya.

"Maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Jateng ini merupakan pilihan dan langkah konkrit saya dalam mengabdi kepada masyarakat. Sebagai seorang santri, ini juga saya maknai sebagai mandat kiyai," pungkasnya.(*)