Bupati Arif Sugiyanto Berikan Penghargaan kepada Perangkat Daerah dengan Pelayanan Terbaik


Bupati H.Arif Sugiyanti saat memberikan penghargaan kepada perangkat daerah di pendopo Kabumian.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberikan penghargaan kepada Perangkat Daerah dengan beragam prestasi  dalam acara Semarak Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah 2024 di Pendopo Kabumian, Kamis 25 Januari 2024.

Dalam kesempatan tersebut ada sembilan kategori penghargaan yang diberikan kepada perangkat daerah, yakni pengelola Barang Milik Daerah (BMD) terbaik, OPD penyampaian laporan keuangan yang cepat dan tepat, pengelolaan BLUD terbaik, OPD dan kecamatan dengan penyerapan anggaran tertinggi. Kemudian ada OPD pengelolaan anggaran terbaik, lalu OPD pengelolaan pendapatan retribusi terbaik. Penghargaan bagi desa yang  lunas PBB tercepat, pengelola objek wisata yang dikelola desa yang telah menyetorkan pajak daerah. 

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan penghargaan ini menunjukan komitmen pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.  Untuk itu apa yang telah diraih bisa menambah semangat untuk lebih maju dalam melayani masyarakat dengan program-program yang inovatif.

"Spirit dari penghargaan ini adalah apresiasi yang setinggi-tingginya kepada perangkat daerah yang telah bekerja keras dalam menciptakan pelayanan yang baik untuk masyarakat. Yakinlah kinerja kalian pasti dinilai, mereka yang bekerjanya baik itu yang layak mendapat penghargaan," terangnya.

Selain itu, acara ini juga dibarengkan dengan gerakan pembayaran PBB satu hari lunas tahun 2024. Bupati Arif bersama Wakil Bupati Ristawati berkesempatan melakukan pembayaran PBB menggunakan ATM Bank Jateng. 

Bupati mengajak masyarakat untuk segera melakukan pembayaran PBB. Karena uang pajak ini akan kembali ke masyarakat untuk pembangunan. Apalagi pembayaran PBB saat ini cukup mudah, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

"Pembangunan akan berjalan dengan baik, kalau masyarakatnya taat pajak. Jadi pajak ini adalah uang negara yang dikelola oleh pemerintah, dan dikembalikan lagi untuk pembangunan di masyarakat," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan launching Transparansi Anggaran,  Penyerahan dokumen pelaksanaan anggaran tahun 2024. Juga penyerahan sertifikat tanah milik Pemkab Kebumen oleh BPN sebanyak 461 sertifikat yang terdiri dari 371 sertifikat hasil tahun 2023 dan 90 sertifikat hasil tahun 2024.

Untuk penghargaan desa lunas PBB tercepat  tahun 2023 diraih Desa Kalijering Kecamatan Padureso, Desa Karangduwur Kecamatan Ayah dan Desa Surotrunan Kecamatan Alian. Masing-masing mendapatkan televisi dan piagam penghargaan.

Kemudian penghargaan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik-PEKPPP tahun 2023 dari Kemenpan RB untuk 3 OPD sebagai penyelenggaraan pelayanan publik dengan kategori pelayanan prima.

Disamping itu, diberikan juga penghargaan predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik berupa Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik tahun 2023 dari Ombudsman RI untuk 7 OPD yang memenuhi Zona Hijau dengan predikat Kualitas Tinggi.

Sementara itu  penghargaan motor X-trail diberikan kepada Pengelola obyek wisata pantai Menganti Ayah yang dikelola desa dan telah menyetorkan pajak daerah.(*)