45 Peserta Kebumen Beach Marathon 2023 Terima Hadiah dan Penghargaan dari Panita


Bupati Kebumen didampingi Wabup dan Ketua panitia KBM 2023 saat penyerahan hadiah n penghargaan kepada peserta di pendopo Kabumian.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Sebanyak 45 juara Kebumen Beach Marathon (KBM) 2023 menerima hadiah dan penghargaan dari panitia. Mereka adalah juara lari pantai marathon di semua katagori, yakni 5 K, 10 K, dan 21 K baik laki-laki maupun perempuan.

Acara penyerahan penghargaan dilaksanakan di Pendopo Kabumian, pada Sabtu 6 Januari 2023, diserahkan langsung oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, dan Ketua Panitia KBM Santoso Budiawan.

Bupati menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang yang telah mengikuti kegiatan KBM ini. Demikian juga kepada seluruh peserta yang telah turut serta berpartisipasi mengikuti kegiatan ini, Bupati menyampaikan terima kasih.

"Meski sempat ada beberapa kendala, alhamdulillah KBM 2023 telah selesai, diikuti ribuan peserta bukan hanya dari Kebumen tapi juga dari luar kota, bahkan ada juga dari peserta luar negeri, dan hari ini tiba saatnya yang ditunggu, kita berikan hadiah dan penghargaan kepada pemenang," ujar Bupati di Pendopo.

Bupati mengatakan, KBM adalah sebuah event nasional yang setiap tahun diadakan di Kebumen, dimana tahun 2023 adalah yang kedua kalinya diadakan. KBM ini diadakan tidak lain untuk menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap olahraga lari, sekaligus untuk mempromosikan wisata Kebumen.

"Jadi multi efeknya saya kira banyak, bukan hanya sebagai wadah bagi para runner untuk meningkatkan kualitasnya, tapi juga sekaligus promosi wisata, bahwa kita punya Geopark Kebumen dimana wisata pantai kita menjadi salah satu andalan Kebumen," terangnya.

Bupati berharap KBM selanjutnya bisa diikuti lebih banyak pelari dari luar daerah. Ia yakin, Kebumen akan semakin dikenal, dan bukan menjadi kota transit, tapi bakal menjadi tujuan wisata. "KBM ini tentunya bagaimana kita mengenalkan Kebumen ke luar, sehingga ke depan harus baik lagi pelaksanaannya," tutupnya.

Sunardin Bima pelari dari Bima NTB, juara 2, untuk katagori 21 Male menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan panitia yang telah menyelenggarakan KBM. Ia mengaku terkesima dengan KBM, baik karena pemandangan alamnya, maupun dengan rutenya.

"Kalau untuk tempat, rutenya asyik, saya sendiri merasakan beda dari yang lain, di sini lebih menantang, alamanya juga bagus, masyarakatnya ramah-ramah. Makanya saya dua kali ikut KBM," tuturnya.

Meski begitu, Nurdin tetap memberikan masukan kepada panitia, terutama soal petunjuk arah agar dibuat lebih jelas. Semua katagori juga harus dibedakan rutenya, lalu marshal harus lebih jelas dalam mengarahkan para peserta, agar kejadian pelari nyasar tidak terulang.

"Semua OK, PR-nya paling itu yang kemarin dikeluhkan peserta, tapi Insya Allah semua senang, dan puas, dan besok kalau ada lagi, jangan lupa kita diundang," ujarnya.

Ketua KBM 2023 Santoso Budiawan mengatakan event Kebumen beach marathon 2023 adalah event untuk mengangkat nama Kebumen ke kancah nasional ataupun international,karena event ini bisa mendatangkan peserta dari luar propinsi bahkan dari luar negeri.

"kebumen harus bangkit,dengan event seperti ini kami yakin ini akan membangkitkan geliat ekonomi rakyat,karena bisa mendatangkan peserta ataupun wisatawan dari berbagai wilayah,dan terbukti peserta senang dengan rute lari dengan pemandangan sepanjang pantai selatan yang begitu indah, dan dari testimoni mereka siap berpartisipasi lagi kalau Kebumen beach marathon diadakan lagi."Ungkap Santoso 

KBM tahun ini merebutkan total hadiah ratusan juta. Hadiah tertinggi mendapat uang Rp10 juta untuk juara 1 katagori 21 K, juara 2, 21 K, Rp8 juta, juara 3, 21 K, Rp 5 juta. Sedangkan terkecil, yakni Rp 1 juta untuk juara katagori 5 K. 

Berikut daftar juara 1 sampai 3 di semua katagori.

21 K Male

1. Rudi Febriade

2. Sunardin Bima

3. Dwi Leo Sagita

21 K Female

1. Windi Lestari

2. Reini Mailisa

3. Sunarti

21 K  Male Master

1. Muh Ishari

2. Sutikno

3. Saiin Alim

10 K Male

1. Ahmad B

2. Suprapto

3. Ikhwan Mulyono

10 K Female

1. Atika Dwi 

2. Helena Hertitya

3. Wahyu S

10 K Male Master

1. Abdul Haris

2. Sutomo

3. Wadiana

10 K Female Master

1. Siti Muawanah

2. Rumini

3. Risa Wijayanti

5 K Male

1. Virminildus M P

2. Qifritul Aziz

3. Doni Oki Widodo

5 K Female

1. Vera Febriangi

2. Anju Safitri

3. Dita Angela.(*)