Selamat! Kebumen Kembai Raih Penghargaan sebagai Kebupaten Peduli HAM


PJ Gubernur Jawa Tengah  Komjen Pol Drs Nana Sudjana MM saat menyerahkan penghargaan kepada Bupati Kebumen yang diwakili Asisten 1 Setda, Agung Pambudi di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Pemkab Kebumen kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Penghargaan diserahkan  Pj Gubernur Jawa Tengah  Komjen Pol Drs Nana Sudjana MM kepada Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang diwakili Asisten 1 Setda, Agung Pambudi di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Kamis (28/12/2023).

Agung mengatakan, penghargaan ini merupakan pengakuan atas upaya Pemerintah Daerah Kebumen dalam meningkatkan peran dan tanggungjawab dalam perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM.

Ia menegaskan, pentingnya perlindungan dan pemenuhan HAM bagi daerah, serta memuji kontribusi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah membantu dalam laporan KKP HAM tahun 2023.

“Pentingnya perlindungan dan pemenuhan HAM bagi daerah dapat terwujud apabila daerah konsisten dan peduli terhadap perlindungan dan pemenuhan HAM,” tuturnya. 

"Kami bersyukur dan berterima kasih karena masyarakat Kebumen telah terpenuhi hak-haknya oleh pemerintah," tambahnya.

Sementara itu Kepala Bagian Hukum Setda Kebumen Akhmad Harun menambahkan, penilaian kabupaten/kota Peduli HAM mencakup 10 kriteria hak dasar, antara lain hak atas bantuan hukum, hak atas informasi, hak turut serta dalam pemerintahan, hak atas keberagaman dan pluralisme, hak atas kependudukan, hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas pekerjaan, hak atas lingkungan yang baik dan sehat, serta hak atas perumahan yang layak, serta hak perempuan dan anak.

"Alhamdulillah kita bersyukur dari 10 kriteria itu pemenuhan hak asasi manusia terpenuhi. Misalnya hak atas pendidikan, kesehatan, pekerjaan, hak kesetaraan gander, hak mendapat lingkungan yang bersih, hak bantuan hukum, informasi dan lain sebagainnya. Semua terpenuhi,"ucapnya.

Menurutnya, hal yang patut dibangakan adalah Kebumen mampu mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM sejak 2015 lalu, berturut-turut tanpa henti. Hal ini tentunya akan menjadi motivasi bagi jajaran Pemkab untuk terus memperhatikan dan mempedulikan penerapan HAM di masyarakat.

“Kami tentunya sangat bersyukur dan berterimakasih sekali, karena Kabupaten Kebumen diakui sebagai daerah yang peduli dengan HAM. Oleh karena itu kami akan tetap dan terus berkomitmen memberikan hak-hak asasi manusia tanpa membeda-bedakan,” ungkapnya.

Melalui pencapaian ini, dirinya beserta jajaran Pemerintah Daerah pun bertekad serta berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada publik dalam mewujudkan penghormatan, pemenuhan, perlindungan, pemajuan, dan penegakan HAM.

“Selanjutnya kami mohon dukungan untuk peran serta dari masing-masing perangkat daerah se-Kabupaten Kebumen untuk peringkat KKP HAM yang lebih baik lagi,” ujar dia.(*)