Mudahkan Pelaku UMKM Pasarkan Produk, Caleg Dapil 1 Kebumen Sari Pratiwi, SE, Sediakan Wifi Gratis


Sari Pratiwi, SE, Caleg Dapil 1 Kebumen, atau wilayah Kecamatan Kebumen dan Buluspesantren.(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Salah seorang Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Demokrat Kabupaten Kebumen, menyediakan layanan Wifi Gratis 24 jam untuk masyarakat. Wifi dengan nama Hotspot SmartCity Kebumen ini sudah tersebar di 20 titik di Wilayah Kecamatan Kebumen, utamanya di pusat keramaian kota.

Adalah Sari Pratiwi, SE, Caleg Dapil 1 Kebumen, atau wilayah Kecamatan Kebumen dan Buluspesantren. Ia merupakan Caleg pendatang baru di Kebumen yang diusung dari Partai berlambang bintang bersinar itu.

Sari Pratiwi menjelaskan gagasan Ide sejatinya muncul sejak 3 bulan yang lalu, namun baru di Lanching pada 19 Desember 2023. Layanan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan masyarakat khususnya pelaku UMKM dalam memasarkan produknya melalui internet dan sekaligus sebagai salah satu cara mengenalkan visi misinya kepada masyarakat.

‘’ Jadi ide ini sebenarnya sudah muncul sejak 3 Bulan yang lalu, namun beru 19 Desember kemarin kami luncurkan. Ini sengaja kami sediakan untuk membantu masyarakat khusus pelaku usaha UMKM yang penjualanya melalui online, termasuk untuk mengenalkasan visi misi saya sebagai caleg dapil 1 Kebumen,’’jelas Sari Pratiwi kepada media saat ditemui di salah satu Cafe Moro Soeta Kebumen, Jumat 29 Desember 2023, malam.

Wanita Muda yang akrab disapa Sari itu mengatakan, Wifi Smart City Kebumen Ini satu paket dengan Visi Misi yang terkonek dan terintegrasi. Yaitu ‘’UMKM melejit, ekonomi bangkit, UMKM Go digital, Kebumen Go Digital, Kebumen Samrt City terkoneksi dan terintegrasi’’.

‘’Sasaran utama pengguna Wifi ini adalah masyarakat khususnya pemilih pemula. Pelaku UMKM digital, dan semua masyarakat. Harapanya bisa membantu mereka jadi tidak beli kuota dan sekaligus mengenalkan tentang visi misi saya sebagai caleg baru di Dapil 1 Kebumen,’’katanya.

Sari menyebutkan, untuk anggaran khususnya biaya infrastruktur pemasangan Wifi ini memang cukup tinggi, yaitu sekitar Rp 200 juta. Wifi ini membawai jarak radius 15 Km di 20 titik yang tersebar di Kecamatan Kebumen. Utamanya tempat keramaian, kota dan perguruan tinggi dan sekolah sekolah.

Untuk bisa mengakses Wifi ini caranya pun sangat Mudah. Yakni cukup masuk ke jaringan wifi dengan Hotspot SmartCity Kebumen kemudian masuk portal dan login klik Sari Pratiwi 1. Dengan ini secara otomatis terhubung dan gratis internet 24 jam.

‘’ Untuk priavasi aman karna tidak ada data diri yang diminta. Karna ini untuk umum, kami sangat menjaga data diri privasi pengguna.’’imbuh Sari.

Menurutnya, sejak diluanching sudah banyak yang menggunakan wifi ini. Setidaknya ada sekitar 2000 pengguna. Terlebih saat ini tengah musim libur tahun baru, banyak masyarakat kebumen yang datang atau pulang kampung ke kota kebumen.

Sari mengaku layanan ini memang untuk mengkampanyekan visi misinya. Meski begitu, paling utama adalah untuk membantu masyarakat khususnya pelaku bisnis digital. Untuk itu, dirinya pun tidak mempersoalkan ketika tidak terpilih menjadi anggota legislatif dalam pemilu 2024 mendatang.

‘’ Meskipun nantinya jadi maupun tidak jadi anggota legislatif, wifi ini tetapt bisa digunakan untuk promosi apa saja, Program Pemda dan sebagainya, atau untuk mengiklankan sesuatu, jadi ini sebenarnya untuk ivestasi jangka panjang kedepanya. Cuma yang pertama memang untuk mengkapmapnyekan diri saya sendiri.’’ujarnya.

Sari berharap dengan layanan ini, bisa memudahkan masyarakat. Termasuk cerdas bisa memilih sosok calon wakil rakyat mana yang bisa berkarya atau hanya janji janji semata.

Sari pun menyadari sebagai pendatang baru di dunia poltik tentu tidak mudah meyakinkan hati rakyat. Namun setidaknya selama ini ia telah banyak melakukan pendekatan dengan masyarakat, utamanya dengan membentuk beberapa desa binaan bisnis digital. 

Ia pun menambahkan alasan memberanikan diri sebagai peserta Caleg di Pemilu 2024. Ini diniati karna ingin turut memajukan dan menyumbangkan ide idenya di pemerintah memperjuangkan kemajuan masyarakat kususnya pelaku UMKM.

‘’ Sebagai orang yang awam politik, justru saya punya optimisme yang tinggi. karna saya maju saja, saya tidak melihat kana kiri dan melihat rival rival saya seperti apa. Jadi saya bisa memberikan karya nyata saja. Semoga jika terpilih nanti saya bisa lebih membantu dan bermamfaat untuk masyarakat,’’pungkasnya.(*)