Majukan Pendidikan, Kampus UNS di Kebumen Segera Dikembangkan


Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Rektor bidang Riset dan Inovasi UNS Prof Dr. Kuncoro Diharjo saat pemdatangan Nota kesepakatan (MoU).(ft SK/IST)
KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Pemkab Kebumen melaksanakan kerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS). Nota kesepakatan (MoU) ditandatangani langsung Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Rektor bidang Riset dan Inovasi UNS Prof Dr. Kuncoro Diharjo.

Bupati mengatakan, hubungan baik antara Pemkab Kebumen dengan UNS sudah berlangsung lama. Hal ini ditandai dengan adanya PGSD UNS di Kebumen yang sudah lama berdiri. Untuk itu, pihaknya menilai perlu ada pengembangan lagi mengenai fasilitas pendidikan UNS di Kebumen.

Lewat MoU ini, Bupati mengatakan, pihaknya akan memberikan hibah lahan dan bangunan untuk kampus UNS di Kebumen. Namun ditahap awal, sifatnya pinjam pakai sampai 2025. Adapun lokasinya berada di RSUD Kebumen yang lama. Hal ini tentu untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan di Kebumen. 

"Lewat MoU ini kita ingin bagaimana dunia pendidikan di Kebumen lebih maju," ujar Bupati di Pendopo Kabumian, Minggu (31/12).

Sementara itu, Prof. Kuncoro menyatakan, pihaknya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab Kebumen yang mau bekerjasama dalam upaya memajukan dunia pendidikan. Pihaknya siap menyiapkan SDM  dan operasional dalam pendirian kampus baru di Kebumen.

"Jadi dalam kerjasama ini, Pemkab Kebumen menyediakan lahan dan sarprasnya, sedangkan dari kita (UNS) menyiapkan SDM-nya, maintenance, gaji pegawai dan seterusnya," terang Kuncoro.

Rencana awal, nantinya baru bisa dibuka dua sampai tiga Program Studi  atau Fakultas baru. Kemungkinan besar Prodi atau Fakultas Ekonomi, Hukum dan Fisipol. 

"Untuk Prodi/Fakultas yang baru di Kebumen kita fokuskan untuk S1 dulu. Sedangkan PGSD kita sudah buka S1 dan S2," jelasnya.(*)